Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) mewajibkan seluruh kabupaten/kota di Malut untuk patuhi terkait penetapan shalat Idul Adha 1443 Hijriah yang sudah diputuskan pemerintah pusat pada 10 Juli 2022 (ANTARA/Abdul Fatah)
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) mewajibkan seluruh kabupaten/kota di Malut untuk patuhi terkait penetapan shalat Idul Adha 1443 Hijriah yang sudah diputuskan pemerintah pusat pada 10 Juli 2022 (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate Iduladha 9 Juli, Pemprov Malut Minta Daerah Patuh Keputusan Pemerintah Pusat

Antara • 06 Juli 2022 09:25
Ternate: Pemerintah Provinsi Maluku Utara mewajibkan seluruh kabupaten/kota di Malut untuk patuhi terkait penetapan salat Iduladha 1443 Hijriah yang sudah diputuskan pemerintah pusat pada 10 Juli 2022.
 
Sekprov Malut, Samsudin Abdul Kadir, menjelaskan urusan agama adalah urusan pemerintah pusat yang tidak diserahkan ke daerah. 
 
"Pemerintah provinsi atau kabupaten/kota harus mematuhi keputusan yang telah ditetapkan dalam hal ini adalah terkait dengan waktu pelaksanaan salat Iduladha 1443 H," terang dia, Rabu, 6 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam keputusan Menteri Agama, Iduladha ditetapkan jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Penetapan tanggal dan waktu salat Iduladha bagi umat Islam di Malut telah disepakati di tingkat provinsi.
 
"Penetapan itu dilakukan setelah digelar rapat koordinasi antara Pemprov Malut, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut, PHBI dan Dewan Kemakmuran Mesjid Shaful Khairaat Sofifi," ujarnya.
 
Baca juga: Warga Bogor Diimbau Hormati Perbedaan Hari Iduladha

Sekprov Malut juga memberikan arahan kepada Biro Kesra agar segera menyiapkan Surat Edaran Gubernur kepada seluruh Bupati/Walikota agar melaksanakan penetapan pemerintah pusat terkait dengan pelaksanaan salat Iduladha 1443 H/2022 M tersebut.
 
Sementara itu, Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut H Amar Manaf menjelaskan terkait Keputusan Menteri Agama Nomor 668 Tahun 2022 tentang penetapan 1 Zulhijah dan pelaksanaan shalat Iduladha 1443 H.
 
Menurut Amar, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat 1 Juli 2022.
 
"Dengan demikian Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada 10 Zulhijah 1443 H, atau pada Minggu, 10 Juli 2022," kata Amar.
 
Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk selanjutnya berkoordinasi dengan Bupati/Walikota di Kabupaten/Kota masing-masing terkait dengan penetapan pelaksanaan Iduladha 1443 Hijriah.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif