ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Pemkot Padang Bakal Periksa Angkutan Lebaran Secara Acak

Nasional Mudik Lebaran Angkutan Umum dinas perhubungan Padang Lebaran 2022
Antara • 20 April 2022 17:32
Padang: Dinas Perhubungan Kota Padang akan melakukan pemeriksaan secara acak terhadap angkutan Lebaran. Hal ini untuk memastikan kondisi kendaraan laik jalan dan mencegah terjadinya kecelakaan selama arus mudik.
 
"Kami juga melakukan pengawasan terhadap angkutan Lebaran memastikan kondisinya laik sehingga penumpang bisa selamat sampai tujuan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Yudi Indra Sani di Padang, Rabu, 20 April 2022. 
 
Pemeriksaan kendaraan angkutan Lebaran dilakukan bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat di Terminal Anak Air Padang. Pemeriksaan akan dimulai pada H-7 Lebaran oleh tenaga pengujian kendaraan bermotor di Terminal Anak Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika kondisi kendaraan yang diperiksa laik jalan akan ditempelkan stiker angkutan Lebaran, namun jika ditemukan ada kerusakan atau tidak laik maka kendaraan tidak boleh beroperasi sampai dilakukan perbaikan," ujarnya.
 
Ia memastikan pemeriksaan dilakukan agar kendaraan prima dan penumpang bisa selamat sampai ke tujuan. "Karena itu jika ada temuan tidak akan kami toleransi, harus diperbaiki baru bisa beroperasi kembali," ujarnya.
 
Baca: Polda Banten Siagakan 41 Pos Mudik Lebaran
 
Selain itu, petugas akan mengarahkan bus antar kota untuk bisa masuk ke Terminal Anak Air Padang. Ia juga mengimbau warga yang mudik menggunakan angkutan umum untuk memastikan kendaraan yang ditumpangi laik jalan.
 
Salah satu cirinya, sudah diberikan stiker angkutan Lebaran dan melihat langsung kendaraan yang ditumpangi kondisinya baik. Dinas Perhubungan juga melarang pemudik menggunakan travel liar karena selain berisiko jika terjadi kecelakaan penumpang yang mengalami luka tidak menerima asuransi dan santunan karena status kendaraan yang dinaiki bukan angkutan umum resmi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif