Aryanto Misel saat menjelaskan ciptannya kepada KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman .
Aryanto Misel saat menjelaskan ciptannya kepada KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman .

Aryanto Misel, Tantang Penyinyirnya Adu Ciptaan

Ahmad Rofahan • 24 Mei 2022 17:40
Cirebon: Aryanto Misel, penemu alat pengubah air menjadi bahan bakar, gerah dengan nyinyiran warganet yang ditujukan kepadanya usai ciptaannya viral di media sosial. Pria berumur 67 tahun ini menantang penyinyirnya untuk beradu dalam mencipatkan karya.
 
"Enggak usah banyak nyinyir, ayo kita adu. Kamu bisa bikin apa, saya bisa bikin apa," kata Aryanto usai melakukan pameran di Makorem 063/SGJ Cirebon, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Aryanto mengatakan yang menyerang bukan hanya kalangan awam. Kalangan akademisi dan sejumlah peneliti juga ikut menyinyir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aryanto mempersilakan siapa pun datang ke rumahnya jika mau berdiskusi. Ia akan menolak jika kedatangannya hanya untuk menyinyir.
 
Ia mengakui jika hasil ciptaannya itu belum melakukan uji yang lebih dalam. Namun, tidak sepenuhnya apa yang diciptakannya salah.
 
"Buktinya, bisa digunakan dan tidak ada kendala, itu berarti normal," ujar Aryanto.
 
Baca: Temuan Warga Cirebon Diklaim Telah Dibeli 3 Negara
 
Aryanto menyebut nama Fajrul, salah satu youtuber yang menyangsikan karyanya itu. Dalam youtubenya, Fajrul menyebut kekuatan Nikuba sebenarnya bukan pada air, melainkan aki motornya.
 
Sehingga ia memprediksi aki motor akan bermasalah jika digunakan menggunakan Nikuba. Fajrul juga menjelaskan keraguannya dengan sejumlah hitungan.
 
"Ada yang memprediksi akinya bakal tekor kalau pakai Nikuba. Kenyataannya kan enggak? Kok bisa begitu? Makannya belajar lagi, itu rahasia kami," kata Aryanto.
 
Aryanto juga mengaku siap beradu ciptaan dengan Fajrul. Menurut Aryanto, walaupun dirinya penemu dari kampung dan hanya lulusan SMA, namun ia sudah menciptakan ratusan karya.
 
"Sebagain sudah dibeli oleh pihak dari luar negeri," ujar Aryanto.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif