Sampah menumpuk di Kali Jambe, Kabupaten Bekasi sepanjang 500 meter. Antonio/Medcom
Sampah menumpuk di Kali Jambe, Kabupaten Bekasi sepanjang 500 meter. Antonio/Medcom

Kali Jambe Bekasi Tertutup Sampah Sepanjang 500 Meter

Nasional sampah Sampah di Kali Jambe
Gana Buana, Antonio • 05 September 2019 15:15
Bekasi: Kali Jambe, Mangunjaya, Katangsatria, Kabupaten Bekasi tertutup tumpukan sampah. Sampah menumpuk sepanjang 500 meter.
 
Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah mengetahui kondisi Kali Jambe sejak dua pekan lalu. Namun kenyataannya kali tersebut masih tertutup sampah hingga 500 meter dengan ketebalan sekitar 20 sentimeter.
 
“Sudah saya berikan tembusan ke Camat, tapi suratnya dikasih ke PUPR,” ungkap Dodi, Kamis, 5 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dodi mengatakan, pihaknya tak bisa berbuat banyak. Sebab, hal tersebut dianggap wewenang kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bekasi melalui program normalisasi kali.
 
“Itu sedang dikoordinasikan, karena masalah kali kan ada di PUPR, kayak Kali Busa. Kali Busa kan PUPR ada kegiatannya, namanya normalisasi. Sedang dilihat, apakah ada kegiatan normalisasi atau tidak. Kalau tidak, tinggal kapan PUPR siapkan alat berat, saya mobil (sampah). Kan enggak mungkin pakai orang,” jelas Dodi.
 
Kali Jambe Bekasi Tertutup Sampah Sepanjang 500 Meter
 
Dodi mengaku jumlah kendaraan dan petugas kebersihan terbatas. Sehingga, pihaknya enggan berinisiatif mengangkut sampah terlebih dahulu.
 
“Kami lebih pilih optimalkan layanan kebersihan yang ada dulu. Ketimbang sekarang saya kerjakan, lalu PUPR juga, nanti ya duplikasi. Saya sama pasukan menggangu pelayanan pembuangan sampah, karena yang pada kerja di jalan saya tarik ke Kali Jambe. Nanti yang kerja utamanya pada acak-acakan dong,” ujar Dodi.
 
Dirinya juga mengaku telah memerintahkan UPTD setempat untuk mensurvei lokasi tersebut. Survei guna dapat menentukan lokasi operasional alat berat dan lokasi sampah.
 
“Jadi kerjanya bukan ada sampah, langsung angkut, langsung buang ke Burangkeng. Jadi disimpan dulu, kalau sudah kering baru diangkat, seperti di Kali Busa,” tuturnya.
 
Saat ini, tumpukan sampah di Kali Jambe di perbatasan Desa Mangunjaya dan Desa Karangsatria, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi menambah panjang daftar pencemaran kali akibat sampah di Kabupaten Bekasi.
 
Sampah juga pernah menumpuk di Kali Busa, Kelurahan Bahagia sampai Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Sampah di Kali Busa itu mencapai sepanjang 1,5 kilometer.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif