Mursal, 50 calon orang tua siswa di SMPN1 Cisauk, Kabupaten Tangerang, Selasa 2 Juli 2019. Foto: Medcom.id
Mursal, 50 calon orang tua siswa di SMPN1 Cisauk, Kabupaten Tangerang, Selasa 2 Juli 2019. Foto: Medcom.id

Wali Murid Kesal Tak Bisa Daftar PPDB SMP

Nasional PPDB 2019
Farhan Dwitama • 02 Juli 2019 11:50
Tangerang: Seorang wali murid protes prosespenerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di SMPN1 Cisauk, Kabupaten Tangerang. Orang tua siswa mengeluhkan petunjuk teknis pendaftaran dengan kartu keluarga (KK).
 
"Kami protes, katanya berdasarkan ketentuan juknis (petunjuk teknis) KK harus minimal 1 tahun, kami baru 7 bulan, jadi tidak bisa dengan zonasi," kata orang tua calon siswa, Mursal, 50, ditemui di SMPN1 Cisauk, Kabupaten Tangerang.
 
Mursal merasa dirugikan juknis tersebut. Lantaran, otomatis putrinya tidak masuk kriteria daftar zonasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Zonasi di Kabupaten kan skornya 80 persen, kalau prestasi, memang nilai anak saya tinggi 249,0. Tapi kan peluangnya hanya 15 persen," pungkas dia.
 
Salah satu guru di ruang pendaftaran, Sihabudin, mengaku hanya menjalankan tugas sebagai pelaksana. "Memang ketentuan dalam juknis seperti itu, kami hanya melaksanakan. Karena KK minimal harus 1 tahun setelah disahkan,” ungkapnya.
 
Ketua panitia PPDB SMPN 1 Cisauk, Kabupaten Tangerang, Ade, menegaskan SMPN1 Cisauk hanya menerima 357 calon siswa baru tahun ajaran 2019/2020. Pada hari pertama pendaftaran kemarin, tercatat 190 calon siswa yang mendaftar.
 
"Kemarin pendaftar jalur zonasi 176 orang, jalur prestasi 10 dan pindah tugas orang tua empat pendaftar. Hari ini, sampai siang ini sudah 400 pendaftar," kata Ade.
 
Dia menegaskan, dengan kuota 357 siswa di SMPN 1 Cisauk. Maka hanya 286 siswa yang akan diterima di SMPN1 Cisauk melalui jalur zonasi, semantara untuk jalur prestasi sebanyak 54 orang dan 17 orang untuk jalur pindah orang tua.
 
Ade menerangkan, PPDB tingkat SMP di Kabupaten Tangerang dilakukan secara offline. Sehingga para orang tua, diharuskan datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran.
 
"Tahap pendaftaran tanggal 1,2,3 Juli. Kemudian pengumuman tanggal 8 dan daftar ulang pada tanggal 9,10,11 Juli," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif