NEWSTICKER
Acara Malioboro Selasa Wage. Foto: MI/Ardi Teristi Hardi
Acara Malioboro Selasa Wage. Foto: MI/Ardi Teristi Hardi

Jadwal Uji Coba Bebas Kendaraan di Malioboro Ditambah

Nasional bebas kendaraan pribadi
Patricia Vicka • 05 November 2019 12:32
Yogyakarta: Uji coba bebas kendaraan pribadi di Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan dilakukan sebanyak tiga kali pada November ini. Sebelumnya uji coba dilakukan bertepatan dengan Selasa Wagen, yakni setiap Selasa Wage.
 
"Kita akan tambah uji coba di luar hari itu dua kali. Mau saya sih kalau bisa tambahan weekend, malam Minggu atau hari biasa. Yang jelas di luar event (Selasa Wagen)," jelas Sigit di Kantor Gubernur DIY, Senin, 4 November 2019.
 
Dia menerangkan penambahan dilakukan karena uji coba selama ini belum efektif. Dia mengatakan hasil uji coba yang lalu belum bisa mengukur dampak bagi PKL dan warga di kawasan Malioboro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat Selasa Wagen kan PKL libur. Tutup semua. Kita mau lihat dampaknya waktu ada PKL," katanya.
 
Dishub DIY masih menggodok rencana pengalihan arus bersama Dishub Kota dan UPT Malioboro. Tanggal pasti uji coba masih digodok.
 
"Pokoknya dilakukan bulan ini (November)," tegasnya.
 
Pemda DIY berencana menerapkan kebijakan kawasan Malioboro bebas kendaraan dengan tujuan menjadi kawasan semi pedestrian. Kebijakan diterapkan untuk memunculkan kembali suasana Malioboro tempo dulu yang damai, tidak bising dan padat kendaraan.
 
Uji coba Malioboro bebas kendaraan pertama kali dilakukan bersamaan dengan event Selasa Wagen setiap Selasa Wage 35 hari sekali. Saat Selasa Wagen, seluruh PKL di Malioboro libur berdagang. Sebagai gantinya, beragam pertunjukan seni dan budaya ditampilkan selama Selasa Wagen.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif