Irigasi di Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
Irigasi di Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)

Pemprov Sumsel Maksimalkan Irigasi Antisipasi Banjir

Nasional antisipasi banjir
Gonti Hadi Wibowo • 04 November 2019 11:36
Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memaksimalkan irigasi guna mengantisipasi banjir jelang musim hujan. Sejumlah irigasi di 10 kabupaten/kota pun direhabilitasi sejak Juni 2019 dan perbaikannya telah mencapai 50 persen lebih
 
Kabid Rekayasa Teknis Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel, Numeri, mengatakan, anggaran rehabilitasi yang disiapkan mencapai Rp96 miliar.
 
"Pemanfaatan irigasi saat ini lebih tepat untuk mengatasi musim hujan dan kemarau di Sumsel,” kata Numeri, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Numeri memerinci rehabilitasi irigasi rawa dan permukaan dilakukan di 10 Kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Kota Pagar Alam.
 
Sedangkan untuk penanganan banjir di Kota Palembang akan dilakukan perbaikan kolam retensi Sungai Buah. Pihaknya juga merencanakan pembuatan retensi baru di jalan Kolonel H Burlian kilometer 7, Kota Palembang, pada 2020.
 
“Retensi baru di Kolonel H Burlian rencananya akan dibangun seluas satu hektare. Sedangkan untuk Sungai Buah ada penambahan dari yang sebelumnya 1,16 hektare dan akan ditambah lagi satu hektare,” beber dia.
 
Menurutnya, sistem irigasi selama ini masih mengandalkan siklus musiman. Ia meyakini melalui rehabilitasi irigasi selain mengantisipasi banjir, juga dapat meningkatkan debit air, dan meningkatkan produktivitas para petani.
 
“Tahun ini kita merehabilitasi 6.646 hektare irigasi di Sumsel. Sedangkan untuk penambahan irigasi baru memang belum ada karena kita fokus pada pembenahan seperti aliran rawanya,” pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif