Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Media Indonesia/Haryanto Mega
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Media Indonesia/Haryanto Mega

Ganjar Sebut Arus Balik Masih Terasa

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1439 H Ganjar Pranowo Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Mustholih • 09 Mei 2022 19:12
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran Idulfitri 2022 di Jateng berjalan lancar.
 
"Kita cek di kereta api, bagus dan tertib. Tidak penuh, jadi artinya semua bisa terangkut dengan baik. Hari ini arus balik masih terasa, ya lancar lah kita senang melihat kondisi yang ada ini," kata Ganjar usai mengecek situasi di Stasiun Poncol Semarang, Senin, 9 Mei 2022.
 
Baca: Kendaraan dari Kalikangkung Semarang ke Jakarta Masih Padat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menyampaikan terimakasih kepada Polri dan TNI yang telah menjaga kelancaran dan keamanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idulfitri 2022. Meski begitu Ganjar mengakui masih ada kekurangan dalam pelaksanaan mudik dan arus balik.
 
"Sampai dengan hari ini yang marah-marah tidah terlalu banyak, bahwa ada beberapa masalah dan kasus pasti tidak bisa dihindari, mungkin itu karena kesalahan kita bisa juga karena ketidakdisiplinan yang ada di situ maka tentu kita minta maaf," jelas Ganjar.
 
Ganjar meminta warga Jateng tidak buru-buru melakukan arus balik ke tanah perantauan. Sebab, pemerintah sudah memberikan kebijakan kelonggaran selama sepekan ke depan.
 
"Sekarang tinggal pulang, nggak usah tergesa-gesa. pemerintah mengijinkan. apalagi yang PNS boleh work from maka satu minggu bisa diatur terutama pelajar agar orangtua mengatur," jelas Ganjar.
 
Sementara Manajer Humas KAI Daerah Operasional 4 Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan puncak arus balik di wilayahnya terjadi pada Minggu, 8 Mei 2022. "Jumlah penumpang yang naik kereta api sebanyak 24.656 pelanggan," ujar Krisbiyantoro.
 
Menurut Krisbiyantoro, selama angkutan lebaran 2022, jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop 4 Semarang berjumlah 250.526 orang. Rata-rata, penumpang harian berjumlah 14.737 orang.
 
"Rute-rute favorit pemudik dalam masa arus balik lebaran tahun ini yaitu dari Semarang menuju Jakarta, Semarang menuju Surabaya dan dari Semarang menuju Bandung," ungkap Krisbiyantoro.
 
Di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, selama angkutan lebaran 2022 telah melayani 75.080 penumpang yang datang dan berangkat. Perinciannya, penumpang datang sebanyak 43.756 orang dan penumpang berangkat sebanyak 31.324 orang.
 
Pada arus balik di Bandara Ahmad Yani, jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 7 Mei 2022 sebanyak 6.775 orang.
 
“Arus balik penumpang sendiri kemungkinan masih akan terjadi pada hari ini. Di mana jumlah penumpang yang datang maupun berangkat pada hari ini kami perkirakan masih berkisar 5.700-an,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif