Bupati Banggai Amirudin menghadiri acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK perwakilan Sulteng atas Laporan Keuangan Kabupaten Banggai Tahun Anggaran 2021. Dok. Istimewa.
Bupati Banggai Amirudin menghadiri acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK perwakilan Sulteng atas Laporan Keuangan Kabupaten Banggai Tahun Anggaran 2021. Dok. Istimewa.

Pemkab Banggai Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-turut

Achmad Zulfikar Fazli • 22 Mei 2022 15:04
Jakarta: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, Sulawesi Tengah, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini WTP ini merupakan yang ke-10 kali diraih Pemkab Banggai sejak 2012.
 
Bupati Banggai Amirudin berterima kasih kepada BPK Perwakilan Sulteng beserta seluruh tim auditor yang telah memberikan penilaiannya. Opini WTP yang diterima kali ini merupakan tahun pertama Amirudin menjabat sebagai Bupati Banggai.
 
"Ini merupakan hal yang terbaik dan tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti. Mengapa? Karena merupakan visi misi kami, yaitu menciptakan Pemerintahan Kabupaten Banggai yang bersih, transparan, dan akuntabel,” kata Amirudin dalam keterangan tertulis, Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait pemeriksaan laporan keuangan Pemkab Banggai, Amirudin meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk tidak berburuk sangka. Menurut dia, tidak ada alasan baginya untuk menutup-nutupi pemeriksaan BPK, internal, bahkan media.
 
“Saya memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan pertanyaan-pertanyaan kepada semua pimpinan OPD, untuk mewujudkan harapan-harapan kita, dalam menjalankan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel,” ujar dia.
 
Baca: Wapres: Pemda Jangan Terlambat Serap APBD
 
Amirudin memeastikan pihaknya segera menjalankan semua catatan khusus dari BPK. Dengan begitu, capaian WTP ini bisa terus dipertahankan hingga tahun-tahun berikutnya.
 
“Karena opini WTP ini juga untuk masyarakat Kabupaten Banggai,” ucap Amirudin.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif