Dua warga menuntun sepeda motornya saat melintas di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Senin (23/5/2022) yang dilanda banji rob dengan ketinggian 125-200 cm. ANTARA/HO-Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas.
Dua warga menuntun sepeda motornya saat melintas di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Senin (23/5/2022) yang dilanda banji rob dengan ketinggian 125-200 cm. ANTARA/HO-Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas.

500 Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Emas Terendam Banjir Rob

Mustholih • 23 Mei 2022 20:56
Semarang: Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, menjadi kawasan yang cukup parah diterjang banjir rob akibat tanggul laut jebol. Sejumlah lokasi, seperti area kontainer  peti kemas, dermaga penumpang, dan akses masuk pelabuhan tergenang banjir rob.
 
“Tapi, kami dengan pengguna jasa sudah melakukan antisipasi salah satunya mengatur ulang jadwal kegiatan bongkar muat, namun pada prinsipnya kegiatan operasional tetap berjalan,” kata Manajer Utama Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto, kepada wartawan, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 23 Mei 2022.
 
Hardianto mengaku Pelabuhan Tanjung Emas sudah melakukan sejumlah langkah cepat dalam menangani banjir rob. Sebanyak 32 unit mesin pompa air dengan kapasitas hingga 800 liter per detik disiagakan di sejumlah titik rawan banjir di Pelabuhan Tanjung Emas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Fokus kita saat ini adalah memastikan air rob tidak masuk di dalam area pelabuhan dan mengurangi volume air yang sudah terlanjur masuk semaksimal mungkin agar operasional tetap berjalan normal,” ujar Hardianto menegaskan.
 
Baca: Banjir Rob Pesisir Kota Semarang Diprediksi Hingga 25 Mei
 
Banjir rob di Semarang terjadi setelah tanggul di Tambak Mulyo jebol diterjang air pasang. Banjir mulai menerjang pesisir Kota Semarang pada pukul 14.00 WIB.
 
Menurut Manajer Utama TPK Semarang, I Nyoman Sudhiarta, banjir rob mengakibatkan operasional TPK Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas terpaksa berhenti.
 
“Beberapa lokasi di dalam TPK Semarang yang terdampak adalah lapangan penumpukan peti kemas ekspor yang berada di pinggir dermaga dan juga area konsolidasi (container freight station)," jelas Nyoman.
 
Saat banjir melanda aera TPK Semarang, ada 500 petikemas berukuran 40 kaki yang tergenang banjir pasang. "Untuk meminimalkan jumlah petikemas yang terdampak dengan cara memindahkan petikemas ke area yang lebih tinggi atau memasang beton untuk menahan laju air menuju peti kemas," jelas Nyoman.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif