Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto Medcom.id Rizky).
Bendung Katulampa di Kota Bogor, Jawa Barat. (Foto Medcom.id Rizky).

Sungai Ciliwung Berstatus Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Waspada

Nasional hujan banjir banjir jakarta Hujan Deras Kota Bogor
Rizky Dewantara • 18 April 2022 21:16
Bogor: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bogor dan sekitarnya, mengakibatkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung naik menjadi 130 sentimeter (cm) atau berstatus siaga tiga. Berdasarkan laporan petugas pengawas Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, TMA pada pukul 20.00 WIB telah menyentuh angka 130 cm. 
 
"Kenaikkan TMA di Sungai Ciliwung disebabkan curah hujan yang tinggi dan merata di wilayah Bogor sejak pukul 17.00 WIB. Saat ini Sungai Ciliwung berstatus siaga tiga," kata Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman saat dihubungi medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Senin, 18 April 2022.
 
TMA Sungai Ciliwung pada siang tadi masih normal atau di bawah 50 sentimeter. Namun sejak pukul 17.00 WIB, TMA Sungai Ciliwung naik drastis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenaikan, di atas 50 sentimeter sekitar pukul 18.00 WIB, berselang tiga puluh menit, naik menjadi 60 sentimeter hingga 90 sentimeter dan pada pukul 20.00 WIB naik kembali menjadi 130 sentimeter," jelasnya. 
 
Baca: Sejumlah Kota Besar Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini
 
Menurut Andi, TMA Sungai Ciliwung masih terus naik, mengingat curah hujan saat ini masih tinggi di hulu Ciliwung di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor. Hujan juga masih mengguyur Kota Bogor.
 
"Diperkirakan sekitar 10 hingga 12 jam ke depan, aliran Sungai Ciliwung akan tiba di hilir Jakarta dan sekitarnya. Kami mengimbau agar masyarakat disepanjang bantaran dan hilir sungai wilayah Jakarta agar tetap waspada," tegas dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif