Kronologi KM Lestari Maju Kandas
Sejumlah penumpang KM Lestari Maju menyelamatkan diri dengan terjun ke perairan. (Foto: Istimewa)
Makassar: Kapal Motor Lestari Maju kandas di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa, 3 Juli 2018. Kapal yang pengangkut 139 penumpang itu bertujuan ke Pelabuhan Pamatata Selasa, 3 juli 2018.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, KM Lestari Maju mengalami kebocoran pada lambung kapal. “KM Lestari akan tenggelam karena ada sisi kapal yang bocor," kata Dicky Sondani.

Dicky menyatakan kapal tidak tenggelam di tengah laut. Saat itu kapal sudah oleng sehingga banyak penumpang yang terjun ke air.


Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan kabupaten Bulukumba Zainuddin mengatakan, kapal yang menuju pelabuhan Pamatata Selayar, diindikasikan kemasukan air saat berlayar di tengah cuaca buruk. Kejadiannya sekitar pukul 14.30 Wita.

“Para penumpang kapal saat ini sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas. Adapun kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk,” kata Zainuddin melalui siaran pers yang diterima Medcom.id di Makassar, Selasa petang.

Selain memuat penumpang orang, KM Lestari Maju juga membawa 48 kendaraan berbagai golongan. Antara lain 18 unit kendaraan roda dua, 14 kendaraan roda empat, dua bus, dan 14 truk.

Baca: KM Lestari Maju Kapal Barang yang Dimodifikasi

Saat ini kapal tersebut telah dikandaskan di perairan Selayar. Tepatnya sekitar 300 meter dari Panrai Pabadilang, di Kecamatan Bontomatene, Kepulauan Selayar. Hingga berita dihimpun, beredar kabar korban jiwa akibat kejadian ini. Namun identitas dan jumlah belum dipastikan.

“Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal,” kata Zainuddin.

Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono memastikan evakuasi berjalan dengan melibatkan semua lini. Baik jajaran Pemerintah Provinsi, Badan SAR Nasional, dan Kepolisian. 

“Semua lini, termasuk TNI dari Kodam sudah ke sana. Bantuan cukup banyak. Semua melakukan langkah konkrit,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis korban tewas KM Lestari Maju mencapai 12 orang. 

Data sementara korban meninggal KM Lestari Maju :
1. H. Abd. Rasyid (60), alamat benteng
2. Andi Junaeda (50), alamat Bone
3. St Saerah (50), alamat Onto
4. Identitas tidak diketahui (perempuan skitar 70 tahun)
5. Rosmiati (40), Guru SMK Kesehatan Selayar Jalan Mangga Benteng
6. Rajmaeni alias Ati Raja (50), alamat Barat Lambongan
7. Denniamang (60), asal Polong 
8. Hj. Sakinah, alamat Jalan Bulu Lasiang Sinjai
9. Anak laki laki umur 2 tahun identitas belum diketahui 
10. Anak anak perempuan umur 3 tahun identitas belum diketahui 
11. Laki laki tidak dikenal alamat Pajjukukang
12. Nini Nurianti (30) alamat Bonea Selayar.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id