Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Lima Investor Berencana Bangun PLTA Kayan di Kaltara

Nasional energi listrik
Antara • 26 Juli 2020 05:39
arakan: Lima investor berencana terlibat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan. Kelima perusahaan memiliki tingkat kesiapan berbeda untuk membangun energi baru terbarukan di wilayah tersebut.
 
"Dari lima investor PLTA di Kaltara, saya akui PT Kayan Hidro Energi (KHE) yang paling siap membangun PLTA Kayan," kata  Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Sabtu (25/7).
 
PT KHE hanya tinggal mengantongi dua izin lagi. Kedua izin tersebut ialah pembaharuan izin penggunaan lahan kawasan hutan dan izin dari balai bendungan yang terdiri atas izin konstruksi bendungan dan sertifikat keamanan bendungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PT KHE tengah dalam persiapan prakonstruksi tanpa kegiatan berskala besar. Perusahaan tersebut, kata Irianto, bahkan sudah mengucurkan Rp2 triliun.
 
"Jadi, mereka benar-benar serius," kata dia.
 
PLTA Kayan, kata dia, memiliki lima proyek bendungan. PT Kayan 1 berkapasitas 900 megawatt dengan perizinan dan kajian lengkap.
 
Lalu, PLTA Kayan 2 berkapasitas 1.200 megawatt dan PLTA Kayan 3 berkapasitas 1.800 megawatt. Proyek tersebut sudah mengantongi izin, sudah memiliki izin lokasi, feasibility study (studi kelayakan), dan analisis dampak lingkungan. Detail engineering design (DED) proyek tersebut sudah siap 50 persen.
 
Kemudian PLTA Kayan 4 kapasitas 1.800 megawatt dan PLTA Kayan 5 kapasitas 3.300.  Kedua proyek tersebut sudah memiliki izin lokasi, uji kelayakan, dan amdal. DED proyek ini baru siap 20 persen.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif