Para gajah liar di Sri Lanka. (Foto: BBC/Anbasaran Ethirajan).
Para gajah liar di Sri Lanka. (Foto: BBC/Anbasaran Ethirajan).

Belasan Gajah Liar di Riau Rusak Rumah dan Perkebunan

Nasional gajah masuk permukiman
Antara • 13 Mei 2020 16:47
Riau: Sekitar 15 ekor gajah liar merusak kebun dan rumah warga di Desa Tasik Tebing Serai Kecamatan Talang Maundau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Serangan gajah liar terpantau sepekan belakangan.
 
“Menurut keterangan warga gajah sudah tujuh hari berada di desa ini, dan jumlah rombongan gajah sekitar 15 ekor,” kata Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Heru Sutmantoro di Pekanbaru, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Ia mengatakan tim BBKSDA Riau dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga sudah mengecek lokasi desa yang diserang gajah liar. Ekspansi gajah liar liar mengakibatkansatu rumah rusak sedang dan satu pondok penjaga kebun juga rusak ringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekspansi gajah liar menimbulkan kerusakan lahan perkebunan berupa 100 batang kelapa sawit berumur lima tahun, kelapa hibrida 30 batang yang berumur tiga tahun, lalu ada tanaman nanas, dan nangka.
 
“Kejadian pada malam hari pada saat hujan deras, kondisi rumah dan pondok sedang kosong,” kata Heru.
 
Menurut dia, gajah liar tersebut termasuk kelompok kantong gajah Giam Siak Kecil. Kawanan tersebut kini sudah bergerak menjauhi kebun warga. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.
 
“Saat ini gajah sudah keluar dari kebun dan menuju ke area hutan tanaman industri Kilometer 75,” katanya.
 
Ia menambahkan petugas telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Tasik Tebing Serai saat meninjau lokasi rumah warga yang di rusak oleh gajah liar. Penghuni rumah sedang tidak ada di tempat saat insiden terjadi.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif