Menpan RB Syafruddin. (Foto: Dok. Kemenpan RB)
Menpan RB Syafruddin. (Foto: Dok. Kemenpan RB)

Menpan RB Perkenalkan Aplikasi LAPOR! kepada Mahasiswa

Nasional Berita Kemenpan RB
Gervin Nathaniel Purba • 20 September 2019 22:01
Banjarbaru: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin memperkenalkan aplikasi mobile Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) kepada mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Peran mahasiswa diharapkan dapat membantu menyebarluaskan aplikasi LAPOR! ke masyarakat.
 
Apilkasi mobile LAPOR! hadir untuk menyalurkan pengaduan dan aspirasi dari masyarakat yang didominasi oleh generasi muda. Aplikasi mobile LAPOR! dimiliki oleh Kemenpan RB, Ombudsman, dan KSP.
 
“Saluran itu harus adaptif dengan teknologi, sehingga fleksibel menangkap harapan masyarakat di ruang milenial,” kata Syafruddin, pada acara Goes to Campus di ULM, dilansir siaran pers, Jumat, 20 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Menteri Syafruddin, mahasiswa cenderung menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyampaikan keluhan maupun aspirasi kepada pemerintah. Namun aspirasi tersebut tidak sampai ke telinga pemerintah ataupun instansi yang bersangkutan.
 
"Hadirnya LAPOR! guna memudahkan masyarakat menyampaikan pengaduan, saran, dan harapannya kepada pemerintah," katanya.
 
Di hadapan mahasiswa, Menpan RP menegaskan banyaknya pengaduan tidak selalu berarti pelayanan publik buruk. Tapi dalam konteks open government, hal tersebut merupakan bentuk partisipasi warga dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
 
“Dalam kerangka open government, yang dibangun adalah kolaborasi, sinergi, soliditas, dan kepercayaan,” kata Syafruddin, tegas.
 
Pada kesempatan itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, budaya menyampaikan pengaduan bagi bangsa ini masih rendah. Mahasiswa ULM diharapkan dapat membantu Kemenpan RB untuk menyebarluaskan kemudahan pengaduan pelayanan publik melalui aplikasi mobile LAPOR!
 
“Kami memilih kampus sebagai tempat kegiatan sosialisasi LAPOR! karena kewibawaan yang dibawa oleh mahasiswa ULM sebagai bagian dari perguruan tinggi terkemuka di Kalimantan. Harapan kami agar dapat memenuhi tujuan dari kegiatan ini, yakni edukasi, promosi, dan sosialisasi LAPOR! yang dilakukan dengan beragam kegiatan selama dua hari ini,” ucap Diah.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif