Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Foto: MI/Bayu Anggoro
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Foto: MI/Bayu Anggoro

Wagub Jabar Cemburu dengan Papua

Nasional pemekaran daerah
Bayu Anggoro • 03 November 2019 16:04
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta pemerintah pusat segera menyetujui berdirinya daerah otonomi baru (DOB) di tanah Pasundan. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum cemburu dengan sikap pemerintah pusat yang dirasa segera menyetujui pemekaran provinsi di Papua.
 
"Kenapa Papua begitu cepat dan langsung dibahas di tingkat kementerian. Kami orang Jawa Barat merasa cemburu," kata Uu, Minggu, 3 November 2019.
 
Uu menyakini usulan pemekaran di pulau paling timur itu belum sematang provinsinya. Dia menegaskan usulan pemekaran di Jawa Barat sudah lebih dulu diajukan ke Jakarta dan syarat-syaratnya sudah dipenuhi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Papua mungkin pembahasan di tingkat bawah belum dilakukan. DPRD, rekomendasi, pembagian batas wilayah, pembagian aset. Di kami itu semua sudah jelas. Tasik Selatan, Bogor Barat, Subang Timur ibu kotanya sudah jelas," bebernya.
 
Dia menilai pemerintah pusat berlaku kurang adil. Uu merasa ada provinsi yang dianggap istimewa, anak emas.
 
"Kok ada provinsi yang dianakemaskan. Saya minta keadilan pemerintah pusat untuk DOB," ujarnya.
 
Dia menerangkan Jawa Barat memiliki wilayah yang sangat luas dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Idealnya, menurut dia, provinsi Jabar terbagi menjadi 40 kabupaten/kota.
 
"Sudah diusulkan 12 DOB baru yang persyaratan administrasinya sudah dipenuhi," ujarnya.
 
Adapun 12 DOB yang sedang diperjuangkan itu di antaranya Bogor Barat, Sukabumi Selatan, Garut Selatan, dan Tasik Selatan. Dia meyakini jika pemekaran disetujui, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya akan lebih baik.
 
"Karena sudah jelas, kalau ada pemekaran, Jawa Barat ini perkembangannya sangat cepat," ucapnya.
 
Uu menilai Jawa Barat merupakan surga bagi masyarakat karena memiliki alam yang indah serta penduduk yang ramah. Ini terbukti dari semakin banyaknya warga dari provinsi lain yang datang ke wilayahnya.
 
"Apalagi infrastruktur bagus, pendidikan banyak, dekat dengan Jakarta. Jadi semakin banyak warga yang masuk. Saya sebagai warga Jawa Barat, senang-senang saja. Artinya Jawa Barat nyaman, banyak yang suka," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif