Sungai Cikeas di Kota Bekasi, Jabar. Foto: Medcom.id/Antonio
Sungai Cikeas di Kota Bekasi, Jabar. Foto: Medcom.id/Antonio

Sampah Bambu Lenyap di Sungai Cikeas

Nasional sampah menumpuk
Antonio • 28 Oktober 2019 19:36
Bekasi: Sampah bambu yang menumpuk di Bendungan Koja, Sungai Cikeas, Kota Bekasi, Jawa Barat, selesai diangkut, pada Senin, 28 Oktober 2019. Pengangkutan dilakukan selama dua pekan secara manual.
 
"Ditambah cuaca yang sangat terik sehingga tidak maksimal," kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas-Cileungsi (KP2C), Puarman, di Bekasi, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Puarman menyatakan timnya menggunakan crane untuk membantu membersihkan sampah bambu. Lantaran hanya crane yang bisa masuk ke lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap sudah sembilan kali terjadi penumpukan sampah. Dia menyarankan pemerintah harus mengatasi sampah dari hulu sungai untuk mencegah penumpukan kembali.
 
"Kemudian langkah kedua seperti disampaikan wali kota Bekasi harus dipasang jaring," ujarnya.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana, mengatakan Pemkot Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) segera membangun infrastruktur untuk menjaring sampah di sekitaran Bendungan Koja, Jatiasih. Sehingga sampah tertahan dan pembersihan lebih mudah.
 
Dia mengungkap hasil investigasi sampah berasal dari Bogor dan diduga juga berasal dari warga Kota Bekasi, dan Depok. Dia mengimbau warga tidak membuang sampah sembarangan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif