Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Kekerasan Seksual Anak di Makassar Naik Dua Kali Lipat

Nasional kekerasan anak kekerasan seksual anak
Muhammad Syawaluddin • 31 Desember 2019 18:55
Makassar: Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mencatat sebanyak 64 kasus kekerasan seksual terhadap anak terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kurun waktu 2019.
 
Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) P2TP2A, Makmur, mengatakan, jumlah tersebut naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Ia pun meminta agar kasus kekerasan seksual pada anak menjadi perhatian khusus semua pihak.
 
"Saat ini paling tinggi (kenaikan jumlah kasus) memang kekerasan seksual terhadap anak. 2018 jumlah kasus 30 sedangkan 2019 ada 64 kasus," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 31 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Makmur angkat tersebut belum termasuk kasus kekerasan yang terjadi sampai akhir Desember 2019. Ia meyakini angka kasus lebih tinggi dari data yang telah dirilis.
 
Makmur memerinci selain kekerasan seksual, eksploitasi terhadap anak juga jadi perhatian. Termasuk kekerasan fisik yang dialami anak kendati jumlahnya menurun dari 111 kasus pada 2018 menjadi 67 kasus di tahun ini.
 
"Kekerasan psikis terhadap anak juga menurun dari 82 kasus (2018) menjadi 26 kasus (2019)," imbuhnya.
 
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menambahkan, kasus kekerasan lain seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tercatat terjadi sebanyak 16 peristiwa dari 32 pengaduan terkait perempuan dan anak.
 
"Kedua adalah kekerasan seksual dengan 15 kasus dan satu kasus tentang pelanggaran hak dan identitas anak," kata Staf Divisi Perlindungan Hak Perempuan dan Anak LBH Makassar, Rezky Pratiwi.
 
Rezky menilai peningkatan jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang masuk di LBH Makassar menjadi salah satu indikasi bahwa saat ini semakin banyak korban yang berani untuk melapor.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif