Mortir sisa perang kemerdekaan ditemukan di Cisadane, Tangerang. Foto: Medcom.id/Hendrik S
Mortir sisa perang kemerdekaan ditemukan di Cisadane, Tangerang. Foto: Medcom.id/Hendrik S

Mortir Sisa Perang Kemerdekaan Ditemukan di Cisadane

Nasional benda bersejarah
Hendrik Simorangkir • 11 Oktober 2019 17:10
Tangerang: Warga Desa Lengkong, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, digegerkan penemuan bom mortir seberat 15 kilogram diduga sisa perang kemerdekaan. Mortir ditemukan pemancing di Sungai Cisadane saat debit air menyusut pada Selasa, 8 Oktober 2019.
 
"Warga desa mengevakuasi mortir ke daratan tanpa peralatan khusus. Kemudian menghubungi Babinsa Koramil untuk mengecek mortir masih aktif atau tidak, karena ditakutkan meledak. Kondisi sebagian mortir berkarat serta terendam lumpur," ujar salah satu warga Kampung Kiyai, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Raden Muklis, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Muklis menjelaskan hasil pemeriksaan menyatakan mortir sudah tidak aktif. Warga berencana menyerahkan mortir ke museum untuk diteliti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah itu sisa perang kemerdekaan Jepang atau Belanda, dan akan dikirim ke museum diorama sejarah Kabupaten Tangerang yang akan dibangun," jelasnya.
 
Dia mengatakan penemuan mortir bukanlah yang pertama kali. Pada 1990-an warga juga menemukan mortir dengan bentuk dan kondisi serupa di Sungai Cisadane.
 
"Warga yang penasaran itu kemudian membakar mortir tersebut, namun setelah dibakar ternyata mortir itu masih aktif dan meledak. Beruntung warga tidak ada yang terluka karena pada saat dibakar jarak antara warga dam mortir cukup jauh," bebernya.
 
Babinsa Koramil Legok Sertu Darmawan memastikan jika mortir tersebut sudah tidak aktif. Dia mengatakan mortir tidak disita karena hendak dibawa ke museum sebagai bukti sejarah.
 
"Rencana memang saya mau amanin dahulu, itu sudah tidak aktif dan sudah terbuka sekarang tinggal selongsongnya saja," kata Darmawan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif