Bank Papua menggelar pasar murah yang menawarkan beraneka barang kebutuhan pokokfi Kota Jayapura. Foto: Medcom.id/Roy Ratumakin.
Bank Papua menggelar pasar murah yang menawarkan beraneka barang kebutuhan pokokfi Kota Jayapura. Foto: Medcom.id/Roy Ratumakin.

Bulog Jamin Ketersediaan Beras di Papua

Nasional beras stok beras bulog
Roylinus Ratumakin • 10 Desember 2019 17:54
Jayapura: Ketersediaan beras menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Papua dan Papua Barat dipastikan aman. Stok beras sebanyak 35.514 ton itu dipastikan aman untuk tiga bulan kedepan.
 
“Stok terdiri dari wilayah Provinsi Papua 27.578 ton dan Papua Barat 7.936 ton,” kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Papua dan Papua Barat (Kadivre) Sopran Kenedi, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Dikatakan, stok tersebut lebih dari cukup. Apalagi pihaknya memiliki beras cadangan pemerintah atau BCP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami juga ada pengelolaan beras komersial, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu. Stok untuk beras komersial saat ini ada di Papua 1. 846 ton kemudian ada 1. 747 ton di Papua Barat sehingga totalnya kurang lebih 3.593 ton,” ujarnya.
 
“Lalu untuk gula pasir kurang lebih ada 529 ton, minyak goreng secara global ada 463 liter, tepung terigu ada 600 kilogram. Ini bisa memenuhi kebutuhan natal dan tahun baru nanti,” jelasnya.
 
Menurut Sopran, pihaknya secara proaktif dari Januari 2019 mengecek persediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan di semua pasar tradisional yang ada di Papua dan Papua Barat.
 
“Kami juga operasi pasar, guna menjaga cadangan beras pemerintah. Hal ini kami lakukan secara terus menerus, baik di pasar tradisional, permukiman warga, maupun melalui outlet Rumah Pangan Kita, (RPK)” katanya.
 
Untuk outlet RPK sendiri, kata Sopran, ada di 16 pasar, khususnya untuk di Kota Jayapura ada 199 outlet RPK. “Kami harapkan bisa mengurangi permintaan konsumsi konsumen di pemukiman dan tak melakukan pembelian dalam jumlah yang terlalu tinggi di pasar,” ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif