Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan saat meresmikan pembukaan Gernas BBI di Samarinda, Kaltim, Selasa, 12 Oktober. Antara/Yulius Satria Wijaya
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan saat meresmikan pembukaan Gernas BBI di Samarinda, Kaltim, Selasa, 12 Oktober. Antara/Yulius Satria Wijaya

Kampanyekan Gernas BBI, Luhut: 60 Juta Orang Bergantung di Sektor UMKM

Nasional kemenko maritim Produk Dalam Negeri UMKM UMKM Indonesia
Media Indonesia.com • 12 Oktober 2021 22:00
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak ambil pusing dikritik karena mengurusi kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang melibatkan jutaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Baginya, kampanye ini penting karena menghidupi jutaan UMKM di Indonesia
 
"Orang banyak yang bilang, apalagi sih si Luhut kerjain soal ini (Gernas BBI)? Eh, ini menyangkut puluhan juta lapangan kerja. Ada 60 juta orang yang bekerja dalam UMKM ini. Saya berharap ini terus didorong," ungkap Luhut dalam acara Launching Gernas BBI Kalimantan Timur secara virtual Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Dia menjelaskan, sejak Gernas BBI diluncurkan tahun lalu, jumlah UMKM onboarding sudah lebih dari delapan juta UMKM. Dan dalam waktu satu tahun empat bulan, jumlahnya kini melonjak 100%.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang, total lebih dari 16 juta UMKM yang onboarding ke ekosistem digital. Ini saya harapkan dibarengi dengan kualitas produk yang makin baik," ucap Luhut.
 
Baca: 
Gernas BBI Buat 6 Juta UMKM Masuk ke Pasar Digital
 
Menurutnya, ada beberapa pihak yang menganggap remeh sektor UMKM. Padahal, sektor UMKM dinilai sebagai tulang punggung perekonomian nasional karena 99 persen pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM.
 
Program Gernas BBI pun, lanjut Luhut, perintah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendongkrak pelaku UMKM agar melek digital dengan memasarkan produk kreatif mereka melalui platform online.
 
"Orang melihat bangga buatan Indonesia soal UMKM terkadang sebelah mata. Padahal (sektor) ini backbone ekonomi kita. Presiden pun telah minta ini dilakukan dengan baik," kata dia.
 
Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun menggandeng sejumlah perusahaan-perusahaan e-commerce dalam rangka pelaksanaan Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) untuk mendongkrak omzet para pelaku UMKM kreatif.
 
Pelaku UMKM kreatif dalam subsektor fesyen, termasuk kosmetik dan perawatan kulit, kriya, dan kuliner mendapatkan kesempatan untuk menjual produk terbaiknya dengan harga yang relatif lebih murah pada laman toko online mereka.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif