Polda Riau menangkap 10 penambang pasir ilegal di Bengkalis karena merusak lingkungan sekitarnya.  MI/Rudi Kurniawansyah
Polda Riau menangkap 10 penambang pasir ilegal di Bengkalis karena merusak lingkungan sekitarnya. MI/Rudi Kurniawansyah

10 Penambang Pasir Ilegal di Bengkalis Ditangkap

Nasional tambang pasir ilegal tambang ilegal tambang liar
Media Indonesia.com • 13 November 2020 11:55
Pekanbaru: Polda Riau menangkap 10 pelaku penambangan pasir ilegal di Dusun Pasir Putih, Desa Boncah Mahang, Kecamatan Batin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Riau. Aktivitas ilegal itu telah berlangsung selama satu tahun terakhir.
 
"Kita akan terus menindak kegiatan ilegal segelintir orang yang meraup keuntungan besar dengan merusak alam sekitar tanpa peduli dengan dampak kerusakan yang ditimbulkannya," kata Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi di Pekanbaru, Riau, Jumat, 13 November 2020.
 
Kapolda mengungkap, para tersangka memiliki peran berbeda yakni tiga pengelola, empat operator, dan tiga juru tulis. Dia menjelaskan, operasi penambangan pasir itu tanpa izin atau ilegal dan jenis pasir yang dikelola tanpa izin dari pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Penambang di Lereng Merapi Tewas Tertimpa Batu
 
Atas perbuatan itu, sebanyak 10 tersangka telah melanggar Pasal 158 UU RI No. 3 tahun 2020 tentang perubahan UU RI No. 4 tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Dengan ancaman pidana 5 tahun penjara dan denda uang sebanyak 100 miliar.
 
Sementara itu, Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau, Kombes Andri Sudarmaji, mengatakan pihaknya menyita sejumlah barang bukti. Yakni empat eskavator, enam mesin hisap berikut slang, buku catatan penjualan, dan uang tunai sebesar Rp4,1 juta.
 
"Sudah satu tahun beroperasi dengan pipa hisap dan pengerukan alat berat serta tembakan air untuk kemudian pasirnya disedot. Operasi penambangan ini mengakibatkan TKP (tempat kejadian perkara) rusak," beber Andri.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif