Deklarasi dukungan OMG Kalteng. (Istimewa)
Deklarasi dukungan OMG Kalteng. (Istimewa)

Pemuda Kalteng Sebut Ganjar Menerapkan Falsafah Huma Betang

Lukman Diah Sari • 29 Juni 2022 20:56
Palangka Raya: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai telah mengimplementasikan falsafah yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng), yaitu Huma Betang. Falsafah itu dimaknai sebagai sebuat rumah besar yang di dalamnya hidup beragam suku, agama, buraya, ras, dan golongan yang hidup rukun.
 
"Nah kita melihat implementasi dari falsafah Huma Betang ini ada di Pak Ganjar Pranowo. Kami sebagai kaum muda menilai sebagai sosok yang nasionalis, mampu merawat kebhinekaan yang ada di Indonesia," ujar Kordinator Wilayah Orang Muda Ganjar (OMG) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Beni Parulian Siregar dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 Juni 2022.
 
Ganjar dinilai telah mampu menerapkan filsafah yang menjadi pedoman dan diteladani masyarakat di wilayah yang berjuluk Bumi Pancasila dan Bumi Tambun Bungai tersebut. Menurut dia, Ganjar telah memiliki pengalaman sehingga menjadi pilihan anak muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan Ganjar pernah menjadi anggota DPR, kini menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode. Dengan pengalaman itu, pihaknya mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 
 
"Di situ kita melihat Pak Ganjar layak melanjutkan estafet kepimpinan Pak Jokowi. Ke depan Indonesia harus dipimpin oleh orang yang nasionalis dan religiusnya tinggi, kami yakin dan percaya itu ada di sosok Bapak Ganjar," terang dia.
 
Beni berharap Ganjar dapat berkunjung ke Kalteng. Dia juga berharap agar Ganjar bisa memperhatikan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) di Kalteng jika terpilih jadi presiden.
 
"Mari kita ikut berkontribusi dalam Pemilu 2024 nanti, dan tentu kita pilih sosok yang nasionalis dan religus yaitu Bapak Ganjar Pranowo," tegas dia.
 

Baca: Ganjar Doakan Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia-Ukraina Lancar 


Sementara itu, Koordinator OMG Nasional Pancar Setiabudi Ilham Mukaromah mengatakan Ganjar layak didukung anak muda. Karena sosoknya mampu merasionalisasikan aspirasi anak muda dan diyakini mampu membawa Indonesia lebih baik lagi.
 
"Pak Ganjar sosok orang besar, pemimpin muda mendunia, berintelektual dan mampu mengimplementasikan dan mengintegrasikan nilai-nilai keindonesiaan dan kebangsaan bahkan nilai agama di Indonesia," tegas dia.
 
Menurut Pancar, sebelumnya telah dilakukan deklarasi serupa di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jakarta, dan Sulawesi. Deklarasi di Kalteng dihadiri sekitar 800 orang perwakilan dari 14 kabupaten/kota di Kalteng. Dalam deklarasi juga ada penandatanganan dari peserta deklarasi sebagai bukti dukungan kepada Ganjar.
 
Selain itu, juga dilakukan diskusi tentang peran pemuda Kalteng dalam menghadapi Pilpres 2024 dan sosok Ganjar Pranowo sebagai pilihan anak muda tahun 2024. Juga diadakan pembagian sembako untuk mastyarakat, serta penampilan tarian daerah. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif