Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Absen 2 Tahun, Kirab Panji Kembali Dilaksanakan di Sumedang

MetroTV • 17 Mei 2022 17:33
Sumedang: Kirab Panji dan Mahkota Karaton Sumedang Larang kembali dilaksanakan setelah absen dua tahun akibat pandemi covid-19. Kirab berakhir di Alun-alun Sumedang, Jawa Barat, setelah diarak sejauh 36 kilometer dengan berjalan kaki. 
 
Puncak acara prosesi adat Kerajaan Sumedang Larang ini dilaksanakan di Museum Balai Srimanganti, Sumedang. Kirab Panji diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-444 Kabupaten Sumedang.
 
"Ini sebuah refleksi bagaimana dulu Kirab Panji Sumedang Larang dibawa dari Darmaraja,” tutur Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, dalam tayangan Newsline di Metro TV, Selasa, 17 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acara ini mendapat sambutan dari warga. Ribuan warga bahkan rela berpanas-panasan demi menyaksikan Kirab Panji yang sempat absen dua tahun akibat pandemi covid-19.
 
"Alhamdulillah tahun ini kita bisa menyelenggarakannya lagi. Tentunya ada peningkatan antusiasme dan animo masyarakat,” ujar Nonoman Kerajaan Sumedang Larang, Raden Lucky Johari.
 
Baca: Ritual Tahunan Seba Baduy Kembali Digelar
 
Kirab Panji dan Mahkota dilaksanakan selama dua hari dari Alun-alun Kecamatan Darmaraja. Kirab Panji dilakukan secara estafet di setiap kecamatan yang dilaluinya. (Hana Nushratu)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif