Jalanan di kawasan Malioboro yang sudah dipadati kendaraan bermotor. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim
Jalanan di kawasan Malioboro yang sudah dipadati kendaraan bermotor. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim

Maliboro Tak Masuk Daftar Pemberlakuan Ganjil-Genap

Ahmad Mustaqim • 24 Desember 2021 22:39
Yogyakarta: Kawasan Malioboro Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak masuk dalam daftar pemberlakuan kebijakan ganjil-genap saat libur Natal dan Tahun Baru. Kawasan yang kerap dipadati wisatawan itu juga tak memberlakukan aplikasi peduli lindungi.
 
Dirlantas Polda DIY, Kombes Iwan Saktiadi, mengatakan belum ada rencana menutup akses jalan di kawasan Malioboro. Jalan di kawasan Malioboro lebih difungsikan sebagai jalan umum dibanding wisata.
 
"Malioboro merupakan jalan umum bukan tempat seperti alun-alun yang orang berhenti kemudian merayakan," kata Iwan di Yogyakarta, Jumat, 24 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 86 Gereja di Cirebon Dapat Penjagaan Polisi Jelang Natal
 
Jalanan di kawasan Malioboro saat ini sudah mulai padat memasuki libur Nataru. Apabila kepadatan tak terurai, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus kendaraan.
 
"Jadi sampai dengan saat ini kami belum memutuskan untuk menutup Malioboro," jelas Iwan.
 
Meski menjadi tujuan wisatawan saat singgah ke Yogyakarta, Iwan mengatakan tak ada rencana pemberlakuan kebijakan ganjil-genap. Meskipun kebijakan tersebut diberlakukan di berbagai destinasi wisata.
 
Skema ganjil-genap diberlakukan selama Operasi Lilin Progo yang dijalankan kepolisian. Operasi lilin tersebut dilaksanakan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
 
"Malioboro bukan destinasi wisata yang statik. Artinya jalan (di kawasan) Malioboro sendiri mempunyai akses yang cukup panjang," ungkapnya.
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyatakan kebijakan buka-tutup akan diberlakukan saat kawasan Malioboro terjadi kepadatan kendaraan bermotor. Pemkot Yogyakarta juga menyiapkan petugas untuk berjaga di sejumlah titik serta melakukan vaksinasi acak selama libur Nataru.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif