Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Hendrik Simorangkir
Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Hendrik Simorangkir

Jumlah WNA Pengguna VoA di Bandara Soetta Meningkat

Hendrik Simorangkir • 12 April 2022 19:08
Tangerang: Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mencatat sebanyak 820 warga negara asing (WNA) pengguna Visa On Arrival masuk ke bandara terbesar di Indonesia.
 
Hal itu diberlakukan sejak fasilitas keimigrasian berupa bebas visa kunjungan serta visa kunjungan saat kedatangan (Visa on Arrival) khusus wisata (BVKKW dan VKSKKW) diterapkan pada 6 April 2022.
 
"Banyak WNA yang memanfaatkan fasilitas ini untuk masuk ke Indonesia, jumlahnya terus meningkat," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, Selasa, 12 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tito menuturkan, perlintasan WNA yang menggunakan visa on arrival (voa) untuk masuk wilayah Indonesia diperkirakan akan terus naik. Pasalnya, hampir dua tahun sejak pandemi covid-19 melanda, fasilitas ini ditutup sementara.
 
Baca juga: Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi Pada H-3
 
"Ada 5 negara pelintas masuk terbesar yang menggunakan layanan voa untuk masuk ke Indonesia, yakni Amerika Serikat sebanyak 119 orang, India 83 orang, Perancis 75 orang, Belanda 63 orang, dan Australia sebanyak 59 orang," jelasnya.
 
Sementara, Tito menambahkan, jumlah WNA pelintas masuk lewat TPI Bandara Soekarno-Hatta pada Maret 2022 sebanyak 10.323 orang, sedangkan pada April (1-11 April 2022) sebanyak 14.311 pelintas.
 
"Untuk mengantisipasi lonjakan WNA pengguna voa, kami telah menyiagakan enam konter di area Imigrasi Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," katanya.
 
Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi mulai 6 April 2022 memperluas cakupan kebijakan pemberian Bebas Visa Kunjungan serta Visa Kunjungan Saat Kedatangan (voa) Khusus Wisata (BVKKW/VKSKKW).
 
Kebijakan baru ini diatur melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0549.GR.01.01 pada 5 April 2022 mengenai Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.
 
Melalui kebijakan terbaru ini, sembilan negara ASEAN dapat masuk dengan fasilitas Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW), sementara 43 negara dapat menggunakan fasilitas Keimigrasian melalui Visa Kunjungan Saat Kedatangan/VoA Khusus Wisata (VKSKKW).
 
Imigrasi Soekarno-Hatta menjadi salah satu diantara tujuh tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandar Udara lainnya yang membuka fasilitas ini selain Ngurah Rai di Bali, Kualanamu di Sumatra Utara, Juanda di Jawa Timur, Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara dan Yogyakarta di DIY.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif