Gunung Awu, di Kabupaten Kepulauan Sangihe. ANTARA/HO-MAGMA PVMBG
Gunung Awu, di Kabupaten Kepulauan Sangihe. ANTARA/HO-MAGMA PVMBG

Bahaya! Warga Dilarang Medekat Gunung Awu dalam Radius 3,5 Km

Antara • 18 Mei 2022 17:32
Sangihe: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Wandu Labesi mengingatkan warga agar tidak mendekati puncak Gunung Awu dalam radius 3,5 kilometer.
 
"Kami kembali mengingatkan masyarakat agar tidak mendekati puncak Gunung Awu dalam radius 3,5 kilometer sebab sampai saat ini statusnya masih Siaga atau Level 3," kata Wandu di Tahuna, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rabu, 17 Mei 2022.
 
Status Gunung Awu naik dari level dua menjadi level tiga sejak Rabu, 11 Mei 2022. Sehingga aktivitas apapun di dalam radius 3,5 kilometer dilarang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Kabupaten Sangihe mengimbau warga tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. Namun, sambil meningkatkan kewaspadaan.
 
Baca: Gunung Awu di Kepulauan Sangihe Berpotensi Erupsi
 
"Masyarakat jangan panik tapi tetap beraktivitas seperti biasa sambil meningkatkan kewaspadaan serta melaksanakan setiap anjuran pemerintah," ucap dia.
 
BPBD Sangihe terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Awu apabila terjadi peningkatan aktivitas. Gunung Awu pada 2004 mengeluarkan asap dan abu yang membuat warga dekat gunung itu harus mengungsi.
 
Dia juga mengimbau warga masyarakat agar tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. "BPBD Sangihe akan memberikan informasi kepada masyarakat apabila ada peningkatan aktivitas Gunung Awu," tutur Wandu. 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif