Vaksinasi pada hewan cegah PMK. Foto: Dok/Metro TV
Vaksinasi pada hewan cegah PMK. Foto: Dok/Metro TV

Pemprov Jatim Gencarkan Vaksinasi PMK

MetroTV • 07 Juli 2022 03:03
Surabaya: Menjelang Hari Raya Iduladha beberapa di daerah Indonesia melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), salah satunya Jawa Timur. Pemprov Jatim menyerankan Tim Satgas PMK untuk menggencarkan vaksinasi hewan ternak sapi.
 
Mengingat kasus PMK di Jawa Timur saat ini sudah tembus kurang lebih 136.000 hewan ternak yang terpapar PMK dan tersebar 38 kabupaten dan kota. Sehingga vaksinasi dijadikan prioritas di Jawa Timur dengan tujuan penyebaran PMK tidak semakin meluas. Untuk ketersediaan vaksin di Jawa Timur menurut keterangan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur yaitu 363.400 dosis vaksin dan masih akan didatangkan seiring dengan keberlangsungnya vaksinasi.
 
"Dan itu alokasi dari 363.400 dosis vaksin tadi 266.400 dosis vaksin, kini dialokasikan untuk sapi perah, baik peternak yang bergabung dengan Koperasi Unit Desa (KUD) ataupun tidak. Lalu kemudian, 97.000 dosis vaksin ini dialokasikan untuk sapi potong," tutur reporter Metro TV Anwar Fuadi dalam program Metro Siang Rabu, 6 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun, tenaga kesehatan hewan yang telah disiapkan Dinas Peternakan Provinsi Jatim di 38 kabupaten dan kota adalah 950 dokter hewan. Dan ditambah tenaga kesehatan nonpemerintah baik berasal dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia ataupun juga yang berasal dari beberapa perguruan tinggi. (Mustafidhotul Ummah)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif