Sejumlah warga berkendara melewati banjir yang melanda salah satu desa di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO-BPBD Nagan Raya)
Sejumlah warga berkendara melewati banjir yang melanda salah satu desa di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO-BPBD Nagan Raya)

4 Kecamatan di Nagan Raya Berpotensi Banjir

Antara • 05 Juli 2022 07:51
Nagan Raya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mencatat puluhan desa di empat kecamatan di daerah tersebut masih berpotensi banjir karena terjadi peningkatan curah hujan sejak dua pekan terakhir.
 
“Empat kecamatan yang masih rawan dilanda banjir ini, di antaranya Kecamatan Tripa Makmur, Darul Makmur, Tadu Raya, serta Kuala Pesisir,” kata Sekretaris BPBD Nagan Raya Said Nazaruddin di Nagan Raya, Senin, 4 Juli 2022.
 
Ia mengatakan keempat kecamatan tersebut tergolong rawan banjir besar karena faktor alam dan berada di kawasan pesisir atau hilir aliran sungai.
 
Baca juga: Menangani Banjir, Ganjar Ajak Warga di Dataran Tinggi Menabung Air

Oleh karena kondisi tersebut, katanya, saat terjadi hujan lebat dipastikan puluhan desa di empat kecamatan tersebut terendam banjir dengan ketinggian air antara 70 sentimeter hingga 1,5 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Said Nazaruddin menambahkan dari empat kecamatan di Nagan Raya yang rawan banjir besar, tercatat dua kecamatan rawan rendaman banjir dengan ketinggian air di atas satu meter, yakni Tripa Makmur dan Darul Makmur.
 
Pihaknya mengimbau warga yang bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Lamie meningkatkan kewaspadaan ketika turun hujan seperti saat ini.
 
"Hal tersebut diharapkan agar warga ketika terjadinya banjir luapan, masyarakat bisa terhindar dari tingginya luapan air sungai," kata Said Nazaruddin.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif