Prakirawan BMKG pada Stasiun Meteorologi Kelas Tiga Banyuwangi, Anjar Triono. Foto: Metro TV/Andi Himawan
Prakirawan BMKG pada Stasiun Meteorologi Kelas Tiga Banyuwangi, Anjar Triono. Foto: Metro TV/Andi Himawan

Gelombang 3 Meter Berpotensi Muncul di Perairan Selatan Banyuwangi

MetroTV • 25 Mei 2022 14:00
Banyuwangi: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya air pasang laut di sepanjang perairan selatan Jawa Timur, khususnya Banyuwangi. Ketinggian air pasang air laut diperkirakan mencapai tiga meter.
 
Prakirawan BMKG pada Stasiun Meteorologi Kelas Tiga Banyuwangi, Anjar Triono, menjelaskan perkiraan munculnya gelombang tinggi ini akan terjadi pada hari ini hingga 26 Mei. Gelombang tinggi diprediksi terjadi di sepanjang pantai selatan dan perairan selatan Banyuwangi.
 
"Dalam beberapa hari ke depan untuk wilayah pesisir selatan Jawa Timur, khususnya Banyuwangi, harus mewaspadai gelombang yang relatif tinggi hingga lebih dari tiga meter," kata Anjar, Rabu, 25 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengimbau para nelayan tradisional agar lebih berhati-hati saat melaut, terutama ketika kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi. Situasi itu membahayakan keselamatan jiwa para nelayan. 
 
Anjar menjelaskan, pada bulan ini, sudah memasuki musim peralihan yang ditandai dengan curah hujan menurun. Namun, masih berpotensi terbentuk awan kumulonimbus yang bisa menyebabkan badai seperti angin kencang, puting beliung, dan banjir.
 
Baca: 5.000 Keluarga Masih Terdampak Banjir Rob Semarang
 
Angin dan hujan juga diperkirakan turun secara sporadis, tapi tidak terlalu lama. Meski begitu, masyarakat Banyuwangi diminta untuk tetap harus waspada.
 
"Masyarakat harus waspada juga akan adanya cuaca ekstrem berupa hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang sesaat," kata dia. (Andi Himawan/REN)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif