ali Kota Malang, Sutiaji. Foto: Medcom/Daviq.
ali Kota Malang, Sutiaji. Foto: Medcom/Daviq.

Tak Ikuti Aturan Pemerintah, Pemkot Malang Wajibkan ASN WFO

Nasional ASN work from home Kota Malang Work From Office Lebaran 2022
Daviq Umar Al Faruq • 11 Mei 2022 12:20
Malang: Pemerintah pusat menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama sepekan bagi aparatur sipil negara (ASN) usai Lebaran 2022. Namun, kebijakan tersebut tidak berlaku bagi para ASN di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.
 
"Kami tetapkan kami sekarang sudah tidak WFH, jadi sudah WFO (work from office) ya," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu 11 Mei 2022.
 
Kebijakan tersebut sebelumnya ditujukan untuk mengurai lalu lintas pascalibur Lebaran 2022. Namun, Sutiaji menilai kebijakan tersebut justru membuat pemerintahan tidak berjalan dengan optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Walaupun ada edaran dari Kementerian kita boleh WFH, tapi kita tahu bersama bahwa belum maksimal dengan WFH itu. Bagi daerah-daerah yang lain, mungkin banyak yang pulangnya lambat maka masih ada pemakluman. Tapi di kami, kami tetapkan (WFO)," tegasnya.
 
Baca: Pengusaha Dukung Kebijakan WFH Sepekan Usai Lebaran
 
Sutiaji mengaku seluruh ASN di Kota Malang telah menerima vaksinasi covid-19 booster. Meski begitu, selama WFO atau bekerja dari kantor, Pemkot Malang tetap memberikan kelonggaran.
 
"Kota Malang ini ASN nya sudah 100 persen booster tapi bagi mereka yang (kondisinya) kurang baik supaya ada isolasi sebentar sehingga dia membaik," jelasnya.
 
Sutiaji menambahkan kebijakan WFO diberlakukan lantaran ia ingin mengejar ketertinggalan pembangunan lantaran pandemi covid-19. Selain itu, ia menegaskan bahwa mengejar kekurangan di masa jabatannya yang tinggal 1,5 tahun.
 
"Agenda kami berdua ini kan tinggal 1,5 tahun. Jadi kami akan pacu kekurangan-kekurangan 2 tahun kerja kita tadi karena covid-19. Tentu itu nanti akan bisa mudah-mudahan akan kita bisa pacu di sisa kami ini. Nah kami melakukan itu tentu kan harus dengan ASN," ungkapnya.
 
"Oleh karena itu kami lakukan bahwa di sini tidak WFH tapi WFO. Tapi ada pemakluman ketika mereka mungkin kondisi sakit, tidak seketat dulu," imbuhnya.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, menyarankan seluruh instansi pemerintah mengatur jadwal WFH bagi ASN selama sepekan mulai Senin, 9 Mei 2022. Seruan ini mengamini usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit demi mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif