Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Pemkot Cirebon Tata Kawasan Kumuh Panjunan

Nasional kawasan kumuh pemukiman kumuh
Media Indonesia.com • 30 Juni 2020 20:28
Cirebon: Kawasan kumuh di Desa Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, bakal ditata ulang. Mulai 2 Juli 2020, Pemkot Cirebon akan melakukan sosialisasi yang sebelumnya tertunda sekitar tiga bulan lalu.
 
"Saat ini kita mengejar ketertinggalan. Tiga bulan stagnan," ungkap Kepala bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Usai sosialisasi, kata Khaerul, tim penilaian akan melakukan peninjauan untuk menentukan nilai kompensasi bagi warga terdampak. Tim juga akan memberikan penjelasan tentang uang kerahiman tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penuntasan kawasan kumuh di Panjunan memakai APBD Kota Cirebon, sebesar Rp1,4 miliar. Dana diperuntukkan bagi 85 kepala keluarga dari 105 rumah yang terdampak pengentasan kawasan kumuh di pesisir Panjunan," beber dia.
 
Baca juga:Kasus Covid-19 di Bantul Muncul Lagi
 
Khaerul menjelaskan, dana tersebut merupakan cost sharing yang dianggarkan Pemkot Cirebon untuk mengentasan kawasan kumuh. Penataan di kawasan tersebut merupakan bagian dari program kota tanpa kumuh (Kotaku).
 
Selain dari APBD Kota Cirebon, penataan Kotaku juga dilakukan di RW 01 dan RW 10 Kelurahan Panjunan dengan anggaran Rp10 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Penataan yang dilakukan di antaranya peningkatan drainase, peningkatan jembatan, pembuatan TPS 3R, pembuatan IPAL komunal, pedestrian, ruang terbuka publik, pekerjaan proteksi kebakaran dan lainnya," ungkap dia.
 
Khaerul menambahkan pandemi covid-19 membuat penataan kawasah kumuh di Panjunan tertunda. Dari rencana April sudah dimulai, mundur hingga baru akan dilakukan sosialisasi pada 2 Juli 2020. (Nurul Hidayah)
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif