Longsor di Distrik Tembagapura akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa pekan terakhir. ANTARA/Evarianus Supar
Longsor di Distrik Tembagapura akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa pekan terakhir. ANTARA/Evarianus Supar

Puluhan TNI Bantu Tanggulangi Longsor di Tembagapura

Nasional longsor bencana alam
Antara • 01 Agustus 2020 10:15
Timika: Sebanyak 91 personel TNI dari Batalyon Infanteri 754 Eme Neme Kangasi/III/Kostrad membantu penanganan warga terdampak longsor di sejumlah titik di wilayah Aroanop, Distrik Tembagapura.
 
Komandan Kodim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan, mengatakan mendapat laporan ada beberapa titik di wilayah Aroanop yang terkena longsor.
 
"Seperti di Kampung Baluni dan Jagamin karena curah hujan yang tinggi. Komandan Pos TNI di Aroanop sudah mengutus beberapa personel bersama masyarakat untuk ke sana dan jika tidak ada kendala hari ini mereka akan turun ke lokasi bencana," kata Nainggolan di Mimika, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gubernur Kepri Dinyatakan Positif Covid-19
 
Dia mengatakan TNI akan memberikan dukungan penuh dalam upaya evakuasi warga terdampak sekaligus melakukan pengamanan di sekitar lokasi bencana sebelum tim penanggulangan bencana dari PT Freeport Indonesia dan Pemkab Mimika tiba di lokasi.
 
"Kami terus melakukan komunikasi dengan Pemda melalui Wakil Bupati Johannes Rettob dan PTFI untuk secepatnya bisa menangani bencana di Aroanop tersebut," jelas Nainggolan.
 
Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu, mengatakan hari ini tim akan diberangkatkan ke Aroanop menggunakan dua unit helikopter untuk membantu penanganan warga terdampak musibah longsor.
 
Pemkab Mimika kini dihadapkan pada sejumlah bencana seperti longsor dan banjir bandang yang terjadi di sejumlah distrik seperti Distrik Tembagapura (Aroanop dan Tsinga), Distrik Iwaka (Kampung Iwaka, sejumlah kampung di Jalan Trans Nabire), Distrik Mimika Tengah (Kampung Myoko, Aikawapuka dan Atuka).
 
Bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di sejumlah kawasan di Mimika itu akibat curah hujan yang sangat tinggi dalam kurun waktu satu bulan belakangan.
 

 

(DEN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif