Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)

Ridwan Kamil Menjalani Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Roni Kurniawan • 25 Agustus 2020 15:36
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), usai menjalani uji klinis vaksin covid-19 tahap pertama atau visit 0 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 25 Agustus 2020. Emil dilakukan tes kesehatan termasuk rapid dan swab tes dalam kunjungan pertama tersebut.
 
"Saya hari ini tanggal 25 Agustus (2020) bersama Pak Kapolda, Pak Pangdam dan Pak Kejati hadir di Puskesmas Garuda sebagai salah satu tempat pengetesan vaksin covid-19," ujar Emil usai menjalani kunjungan pertama di Puskesmas Garuda.
 
Emil mengaku, kunjungan pertamanya sebagai relawan uji klinis mendapatkan berbagai pemahaman mengenai penelitian vaksin asal Tiongkok tersebut. Emil pun mengaku harus menjalani rapid dan swab tes untuk memastikan tak terpapar covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kunjungan pertama pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kami bisa lolos ke tahap kedua yang akan dilaksanakan tiga hari dari sekarang. Kami dicek kondisi kesehatan, tinggi badan, berat badan, stetoskop tubuh kami khususnya di bagian dada," beber Emil.
 
Baca: Ridwan Kamil Segera Menjalani Uji Klinis Vaksin Korona
 
Emil menuturkan, pemilihan tempat uji klinis di puskesmas sebagai upaya untuk berbaur dengan masyarakat yang turut menjadi relawan. Ia mengaku tak ingin dibedakan dengan relawan lainnya untuk turut andil dalam penelitian vaksin tersebut.
 
"Kami sepakat harus kompak, kami menunjukkan menangani pandemi ini harus bersama. Makanya kami pilih tempat pengetesan di puskesmas," tuturnya.
 
Emil akan kembali ke Puskesmas Garuda untuk kunjungan kedua, pada tiga hari ke depan. Nantinya Emil diberikan suntikan berupa vaksin atau plasebo oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.
 
"Tahap dua H+3, kemungkinan hari Jumat dan kami akan ke sini lagi," tegasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif