Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga hendak masuk Kota Surabaya, Jatim. (Antara Jatim/Didik/Zk)
Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga hendak masuk Kota Surabaya, Jatim. (Antara Jatim/Didik/Zk)

PSBB Tahap II di Kota Surabaya Dinilai Gagal

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 19 Mei 2020 09:42
Surabaya: Tim Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur mengevaluasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II di Surabaya Raya. PSBB di Kota Surabaya dianggap gagal karena kasus positif covid-19 justru meningkat signifikan.
 
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, mengatakan PSBB tahap pertama di Surabaya Raya dimulai pada 28 April 2020. Angka terkonfirmasi positif covid-19 di Surabaya sebanyak 392 orang, Sidoarjo 92 orang dan Gresik 24 orang.
 
Setelah tahap I PSBB berakhir pada 11 Mei 2020, kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Surabaya naik menjadi 741 kasus, Sidoarjo 188 kasus dan Gresik 37 kasus. Kemudian separuh perjalanan PSBB tahap II pada 17 Mei 2020, diketahui kasus positif covid-19 di Surabaya menjadi 1.059 kasus, Sidoarjo 285 kasus dan Gresik 51 kasus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, lanjut Kohar, PSBB di Gresik cukup berhasil karena grafik peningkatannya landai, demikian juga dengan Sidoarjo. "Sedangkan untuk di Surabaya grafiknya meningkat tajam. Mudah-mudahan sekarang ini mencapai puncaknya sehingga bulan depan bisa landai," kata Kohar, di Gedung Negara, Surabaya, Senin malam, 18 Mei 2020.
 
Senada juga disampaikan koordinator PSBB, Heru Tjahjono, menyampaikan bahwa pelaksanaan rapid test di wilayah Surabaya Raya terus digencarkan. Sehingga secara otomatis jumlah kasus covid-19 yang diketahui baik ODP, PDP maupun yang positif akan semakin banyak.
 
"Kami harap bulan Mei ini bisa mencapai puncaknya, sehingga bulan Juni bisa turun drastis," kata Heru.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif