ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

30 Persen Dana Desa di Sidoarjo untuk BLT

Nasional Virus Korona PSBB
Syaikhul Hadi • 20 Mei 2020 05:35
Sidoarjo: Pelaksana Tugas Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin, menyatakan sebanyak 30 persen dari anggaran dana desa dialokasikan untuk warga terdampak covid-19. Bentuknya berupa bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) sebesar Rp600 ribu perjiwa.
 
Nur Achmad Staifuddin secara simbolis menyalurkan BLT DD didesa Ketimang, Wonoayu Sidoarjo. Sedikitnya ada sekitar 99 orang penerima BLT DD.
 
"30 persen dana desa diambil untuk BLT, namun jumlahnya bervariasi sesuai besar kecilnya dana desa masing-masing desa," kata Nur Achmad Syaifuddin, Selasa, 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca; Warga di Kampung Tangguh Surabaya Mengeluh ke Khofifah
 
Bantuan itu disalurkan selama tiga bulan kedepan. Selain menyalurkan, dia juga ingin memastikan penyaluran berjalan lancar. Dia menghimbau kepada masyarakat agar bersabar bila belum mendapatkan bantuan.
 
"Jangan kuatir tidak mendapatkan bantuan selama masa pandemi Covid-19 kali ini. Banyak bantuan yang akan diberikan. Karena bantuan tidak hanya dari dana desa saja. Namun masih banyak sumber bantuan lainnya," jelas Nur.
 
Seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) maupun bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial RI. Selain itu ada bantuan sembako dari propinsi maupun dari Kabupaten Sidoarjo.
 
"Ada BLT dana desa, ada BST Kemensos, selain itu ada dari propinsi dan kabupaten. Oleh karena itu masyarakat harus tenang, sabar, kalau tidak masuk di Kemensos masuk di dana desa, kalau tidak masuk di dana desa masuk di propinsi atau daerah," ungkapnya.
 
Dia memastikan ada sekitar 60 persen dari jumlah KK (Kepala Keluarga) yang ada di Kabupaten Sidoarjo akan menerima bantuan. Dirinya menginstruksikan data penerima bantuan lebih transparan dan akuntabel. Data tersebut dapat ditempelkan di kantor desa. Dengan begitu akan dapat diketahui siapa saja penerima bantuan selama ini.
 
"Datanya harus transparan ditaruh dibalai desa sehingga masyarakat dapat melihat," tandasnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif