Ilustrasi--Salat tarawih pertama Ramadan 1441 H di Aceh. (Foto: Medcom.id/Fatma)
Ilustrasi--Salat tarawih pertama Ramadan 1441 H di Aceh. (Foto: Medcom.id/Fatma)

Satu Keluarga Reaktif Covid-19 Usai Tarawih Berjemaah

Nasional Virus Korona
Triawati Prihatsari • 14 Mei 2020 15:37
Solo: Satu keluarga beranggotakan tujuh orang asal Kelurahan Joyontakan, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah, reaktif covid-19 usai dilakukan tes cepat (rapid test). Mereka terindikasi covid-19 usai salat tarawih berjemaah di masjid dan melakukan kontak dengan salah satu pasien positif korona dari klaster Gowa.
 
"Awalnya salah satu jemaah masjid terkonfirmasi positif korona dari kluster Gowa. Kemudian seluruh kontak dekatnya dilakukan rapid test, diketahui satu keluarga tersebut yang turut tarawih bersama di masjid yang sama hasilnya reaktif," ujar Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Ahyani mengungkapkan, ketujuh orang tersebut berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), sampai hasil tes swab keluar. Mereka juga saat ini dirawat intensif di ruang isolasi RSUD Bung Karno Solo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:PSBB di Kabupaten Malang Fokus di 14 Kecamatan
 
"Ini memang harus dirilis, sebagai peringatan. Kalau warga nekat jemaah tarawih di masjid, hasilnya risiko terpapar lebih besar. Jadi sebaiknya patuhi anjuran pemerintah karena itu semua untuk kebaikan bersama melawan korona," imbuh Ahyani.
 
Sementara itu, per Kamis, 14 Mei 2020, jumlah pasien positif korona di Solo berjumlah 27 orang, dengan rincian dirawat di RS sebanyak enam orang, sembuh 17 orang, dan meninggal empat orang. Sedangkan jumlah PDP sebanyak 159 orang, serta jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 553 orang.
 
Dengan data tersebut, diketahui jumlah pasien positif korona warga Solo, stabil sejak beberapa hari terakhir. Ahyani berharap kondisi tersebut akan berlanjut dan Solo mulai kondusif.
 
"Harapannya semoga pasien positif tidak terus bertambah. Sehingga kondisi bisa segera membaik," tukasnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif