Ilustrasi sekolah. Medcom.id
Ilustrasi sekolah. Medcom.id

Wagub NTB Sebut Pendidikan Gratis Era Jokowi Memajukan SDM Daerah

Deny Irwanto • 20 Januari 2023 19:39
Mataram: Program pendidikan gratis pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mampu memacu pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Sitti Rohmi Djalillah, mengatakan beberapa program beasiswa di era Jokowi di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KIP Kuliah. Dua program tersebut menjamin seluruh masyarakat bisa meraih pendidikan dari sekolah dasar hingga tamat kuliah.
 
"Saya rasa (KIP) ini program luar biasa tentunya," kata Sitti di Universitas Mataram (Unram), Jumat, 20 Januari 2023.
 
Baca: KIP-K Digital Bakal Diluncurkan, Tak Ada Lagi Kartu Fisik

Sitti melihat hadirnya program KIP dapat menjadi kunci kemajuan sebuah daerah. Sebab majunya suatu daerah akan sangat dipengruhi oleh kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terbukti peningkatan SDM masyarakat di daerah mengalami peningkatan berkat pemerataan pendidikan yang direalisasikan melalui KIP. Seperti yang nampak pada Provinsi NTB, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan sebesar 1,18 persen dari 68,65 di tahun 2021 menjadi 69,46 pada 2022.
 
"Kehadiran KIP pasti berpotensi membuat daerah semakin maju," jelasnya.
 
Lebih lanjut hadirnya program pendidikan gratis era Jokowi ini memastikan seluruh beban biaya pendidikan masyarakat ditanggung oleh pemerintah. Sehingga dengan cara tersebut pemerataan pendidikan dapat diwujudkan.
 
“Itu tujuan pemerintah. Adanya KIP ini bagaimana supaya anak-anak negeri ini tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan sekolah setinggi-tingginya,” ungkap Sitti.
 
Pendidikan gratis era pemerintahan Jokowi telah menjangkau ribuan masyarakat di seluruh Indonesia. Tercatat untuk tahun 2022 KIP telah didstribusikan kepada 17,9 juta siswa, sementara KIP Kuliah telah teralokasi kepada 780.014 mahasiswa.
 
Sementara berdasarkan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) jumlah alokasi KIP untuk masyarakat NTB mencapai 441.782. Jumlah tersebut terdiri dari siswa SD sebanyak 282.808, SMP 99.090, SMA 33.319, dan SMK 26.565.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif