Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo. ANTARA/ Heru Suyitno
Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo. ANTARA/ Heru Suyitno

Pemkab Temanggung Rekrut 622 P3K Guru

Antara • 27 September 2022 22:00
Temanggung: Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, segera merekrut 622 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).
 
Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Agus Sujarwo, mengatakan rekrutmen ASN P3K tahun ini merupakan lanjutan dari formasi awal tahun 2021 yang merencanakan membuka 2.084 formasi.
 
Ia menyebutkan dari 2.084 formasi sudah terisi 1.462 formasi, sehingga sisa 622 formasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebanyak 622 formasi ini segera diisi dan kami sudah diundang kementerian untuk segera melaksanakan rencana seleksi bagi sisa 622 P3K guru," kata Agus di Temanggung, Selasa, 27 September 2022.
 
Baca: Ratusan Guru di Bengkulu Tidak Masuk Formasi PPPK

Agus menjelaskan model seleksi sekarang berbeda dengan model seleksi P3K tahun 2021. Sekarang ada tiga model seleksi, pertama khusus bagi guru-guru yang dulu pernah ikut tes dan sudah lolos "passing grade" tetapi tidak mendapatkan tempat.
 
"Teman-teman yang sudah lolos passing grade ini di Temanggung ada 118 orang yang tinggal penempatan dan penempatannya nanti diatur oleh Kemendikbudristek," jelasnya.
 
Kemudian bagi yang tidak lolos seleksi maka dia akan turun ke prioritas kedua. Prioritas kedua dan ketiga nanti model seleksinya juga berbeda dengan tahun 2021.
 
"Seleksinya itu disebut seleksi kesesuaian atau verifikasi, dia juga tidak tes tetapi seperti portofolio. Jadi tetap ada seleksinya tetapi kesesuaian dengan kompetensinya, sesuai dengan kinerjanya, kemudian diseleksi latar belakangnya plus wawancara," ungkapnya.
 
Perbedaannya sekarang yang seleksi kesesuaian ada tim yang akan melakukan seleksi dari guru-guru senior, kepala sekolah, pengawas sekolah, kemudian dari dinas pendidikan dan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
 
Ia menuturkan kalau di seleksi kedua ini juga tidak lolos maka masuk ke seleksi ketiga, yang disebut prioritas empat. Prioritas empat ini sama seperti seleksi tahun 2021, seleksi umum mulai dari awal menggunakan tes.
 
"Baik melalui seleksi 1, 2, dan 3 semuanya harus mendaftar di link yang sudah disediakan seperi P3K sebelumnya di www.sscasn.co.id. Semuanya nanti mendaftar di situ untuk memperoleh akun pendaftaran. Akun pendaftaran tersebut untuk upload data diri, setelah data diri lengkap maka selanjutnya upload bekas-berkasnya, setelah itu baru dilakukan untuk penilaian dan seterusnya," ujarnya.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif