Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih
Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih

15.299 Anak di Kabupaten Cirebon Menderita Stunting

Ahmad Rofahan • 24 November 2022 13:32
Cirebon: Kasus stunting di Kabupaten Cirebon Jawa Barat cukup tinggi. Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih menyebut, jumlah penderita stunting di Kabupaten Cirebon, mencapai 15 ribu anak.
 
"Data anak yang terkena stunting ada 15.299 anak, dari 28 desa di 10 wilayah kerja Puskesmas. Ini PR kami yang harus segera diselesaikan," ujar Ayu di Cirebon, Kamis 24 November 2022.
 
Ayu menuturkan, pihaknya juga sudah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Cirebon. Pemkab berencana menggandeng perusahaan-perusahaan tersebut, untuk bisa menggunakan dana CSR-nya dalam penanggulangan stunting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti masing-masing perusahaan, bisa memberikan makanan tambahan untuk penderita stunting diwilayahnya" kata Ayu.
 
Baca: Stunting di Banda Aceh Ditargetkan Turun Menjadi 5% di Akhir 2022

Untuk teknisnya ujar Ayu, pihaknya hanya akan menyerahkan nama-nama penderita stunting di masing-masing lokasi perusahaan itu berada. Jadi dana CSR bisa langsung disalurkan.
 
Selain itu, Pemkab Cirebon melalui Dinas Kesehatan juga akan merekomendasikan menu-menu yang sesuai dan dibutuhkan oleh para penderita stunting.
 
"Kami nanti tidak menerima uang. Kami hanya menyiapka nama penderita stunting dan juga menu makanan yang ideal buat para penderita stunting. Teknis pendistribusiannya juga diserahkan kepada pihak perusahaan," kata Ayu.
 
Salah satu wilayah yang penderita stuntingnya cukup tinggi, yaitu wilayah pesisir yang dihuni mayoritas nelayan. Ayu menduga, tingginya kasus stunting di wilayah tersebut, akibat faktor sulitnya air bersih dan sanitasi yang kurang baik.
 
"Kami coba perbaiki kekurangan di sektor itu," kata Ayu.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif