Magelang: Widianti sosok pengusaha sayur kemasan siap saji atau Sayur Jegur yang biasa disingkat Sagur. Ia merupakan warga Magelang, Jawa Tengah yang sudah menekuni usaha ini selama dua tahun. Bisnis Sagur kini memiliki omzet hingga jutaan rupiah.
Usaha ini bermula karena terinspirasi dari kebijakan disaat pandemi Covid-19, dimana ada pembatasan tidak berkerumun baik di pasar tradisional maupun di rumah makan. Sehingga membuat warga kesulitan memenuhi kebutuhan pokok.
“Kita mempunyai inovasi, kita pergi ke pasar membeli sayuran, kita potong-potong, kita packing dan kita beri bumbu siap dimasak dan dibagikan ke sosial media,” jelas Widianti dalam tayangan Newsline, Metro TV pada Sabtu, 16 Juli 2022.
Target penjualan dari Sagur ini adalah ibu-ibu dan remaja. “Target penjualan kita seperti ibu-ibu kantoran, ibu rumah tangga dan anak muda yang tidak ada waktu untuk ke pasar,” tuturnya.
Biasanya Widianti membagikan menu yang ia jual di grup dan media sosial lainnya. Pemesanan satu hari sebelum pengiriman dan akan close order jam 9 malam. Pengirimannya esok hari dimulai pukul jam 11.00-15.00 WIB. Nantinya, pengiriman Sagur ini diantarkan langsung kepada pelanggan sesuai dengan lokasi yang diberikan.
Trisnaeni, salah satu pelanggan Sagur mengaku, merasa terbantu dengan inovasi ini. Karena Sagur sangat praktis saat akan dimasak.
“Sangat membantu kalau saya pergi, ini (Sagur) sudah ada bumbunya, sudah komplit jadi nanti tinggal jegur-jegur (ceburkan) saja,” tuturnya. (Ainun Kusumaningrum)
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id