Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS untuk relawan Sahabat Lestari di Jepara, Jawa Tengah. Medcom/Rhobi
Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS untuk relawan Sahabat Lestari di Jepara, Jawa Tengah. Medcom/Rhobi

Sahabat Lestari Dilatih Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS

Nasional hiv/aids
Rhobi Shani • 05 Desember 2019 18:09
Jepara: Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) menggelar pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS untuk relawan Sahabat Lestari. Pelatihan ini merespons tingginya angka penularan HIV di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
 
Sebagai pemateri, Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV AIDS Jepara, memaparkan tentang angka temuan HIV yang meningkat.
 
“Ketika pengidap HIV banyak ditemukan, kita dapat melakukan penatalaksanaan agar tidak menularkan kepada yang lain. Misal, kita menemukannya pada calon pasangan suami istri, kalau ditemukan awal, bisa disikapi agar pasangannya tak menulari. Nantinya ketika punya anak juga tak tertular,” ujar Fakhrudin yang juga Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV AIDS Jepara, Kamis, 5 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah penderita HIV AIDS di Kota Ukir sejak 1997 hingga 2019 mencapai 1.000 lebih jiwa. Oleh karena itu perlu peningkatan kewaspadaan dari seluruh kelompok masyarakat.
 
“Akan tetapi kita tidak boleh menjauhi pengidap HIV AIDS. Yang perlu diingat jangan menjauhi orangnya, tapi jauhi penyakitnya,” kata Fakhrudin.
 
Virus HIV AIDS hanya menular lewat cairan sperma, cairan darah, cairan vagina dan Air Susu Ibu. Tidak menular lewat jabatan tangan ataupun di tempat publik.
 
Koordinator Sahabat Lestari Kabupaten Jepara, Naila Fitria, mengatakan pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas relawan Sahabat Lestari. Muara akhir yang disasar adalah, masyarakat yang memiliki pandangan luas terhadap HIV AIDS dan reproduksi sehat.
 
“Kami ingin relawan kami (Sahabat Lestari) dan masyarakat paham dan ikut memberikan informasi seluas-luasnya terhadap pencegahan HIV AIDS dan kesehatan reproduksi,” tandas Naila.
 


 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif