Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks di Semarang, Jumat, 4 Januari 2018, Medcom.id - Budi Arista (Budi Arista Romadhoni)
Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara sosialisasi deteksi dini kanker serviks di Semarang, Jumat, 4 Januari 2018, Medcom.id - Budi Arista (Budi Arista Romadhoni)

Iriana Ingatkan Pentingnya Mengecek Kesehatan Rahim

Nasional kanker serviks
Antara • 17 September 2019 11:28
Palembang: Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Palembang, Sumatra Selatan, Selasa, 17 September 2019, bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Kerja. Kunjungan kerja dalam rangka kampanye deteksi dini kanker rahim ke perempuan usia subur.
 
Kedatangan Ibu Negara dinantikan sejak pagi. Sembari menunggu, sejumlah dokter memberi penyuluhan terkait pap smear (Papanikolaou test), yakni prosedur pemeriksaan sel di leher rahim untuk mengetahui apakah ada kelainan yang mengarah ke kanker serviks.
 
Iriana tiba sekitar pukul 10.15 WIB, dan langsung menyambangi ibu-ibu yang menunggunya di bawah tenda. Ibu Negara secara langsung memberikan sosialisasi mengenai pap smear.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di sini terima undangan atau kesadaran sendiri?" tanya Iriana, yang langsung dijawab karena mendapatkan undangan.
 
"Tidak apa-apa karena undangan, nanti muncul kesadaran sendiri. Terpenting tetap semangat, karena usia seperti kita ini harus sering-sering cek kesehatan," pinta Iriana.
 
Setelah memberikan penyuluhan, Iriana melihat langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi ibu-ibu di puskesmas di Palembang.
 
Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Palembang Letizia mengatakan terdapat dua persen penderita kanker rahim di Kota Palembang. Hasil itu didapat dari pemeriksaan pap smear di sejumlah puskesmas.
 
Dia mengingatkan Pemkot Palembang menyediakan sarana gratis pemeriksaan pap smear di empat puskesmas yakni Puskesmas Merdeka, Dempo, Pembina dan Sematang Borang. Dia mengingatkan wanita usia subur untuk deteksi dini setiap satu tahun sekali.
 
"Silakan datang, khususnya ibu-ibu usia subur (25-50 tahun) karena jika ke rumah sakit harus mengeluarkan dana Rp25 ribu untuk sekali periksa," kata dia.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif