Polisi menunjukkan senjata api milik tersangka yang dibeli dari rekan narapidana di dalam lapas, Jumat, 6 September 2019. Medcom.id/ P Aditya Prakasa
Polisi menunjukkan senjata api milik tersangka yang dibeli dari rekan narapidana di dalam lapas, Jumat, 6 September 2019. Medcom.id/ P Aditya Prakasa

Penodong di Bandung Beli Senjata Api dari Narapidana

Nasional senjata api kejahatan
P Aditya Prakasa • 06 September 2019 13:10
Bandung: Belum lama bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Bandung, Oki alias Oki Nawa kembali melakukan pencurian dengan kekerasan (Curas). Dia bersama rekannya, Agus Sulaiman menodong targetnya menggunakan senjata api (senpi) rakitan yang dibeli saat masih berada di dalam Rutan.
 
Kapolsek Kiaracondong Kompol Asep Saepudin mengatakan Oki dan Agus ditangkap saat beraksi di Jalan Sulaksana, Kota Bandung, Selasa, 3 September 2019 dini hari. Mereka merampas barang berharga para korbannya.
 
"Pelaku ini langsung merebut hp, dompet, dan barang berharga lainnya, sambil menodongkan senjata api rakitannya itu kepada korbannya. Pelaku Oki ini masih harus wajib lapor karena baru bebas enam bulan yang lalu," kata Asep di Markas Polsek Kiaracondong, Jumat, 6 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asep menjelaskan setelah ditangkap, Oki mengaku mendapat senjata api jenis revolver dari rekan sesama napi saat masih berada di Rutan Kebonwaru. Dia membeli seharga Rp12 juta setelah rekannya bebas dari penjara.
 
"Jadi waktu itu teman saya (sesama napi) nawarin senjata api. Harganya Rp12 juta, saya bayarnya nyicil itu," jelas Oki.
 
Sewaktu Oki membeli senjata api itu, dia mengatakan tidak langsung bertemu dengan temannya. Senjata pesanannya itu disimpan dengan cara ditanam di bawah tanah beserta enam butir peluru.
 
"Tapi pas saya ngambil yang waktu itu disimpan di jalan di Cibiru, cuma ada satu butir peluru," jelas Oki.
 
Selain mengembangkan kasus pencurian disertai kekerasan, polisi saat ini menyelidiki kasus penjualan senjata api tersebut. Sementara kepada Oki dan Agus, polisi terapkan pasal 365 KUHP dengan ancaman diatas lima tahun penjara.
 
Dari kedua pelaku polisi amankan barang hasil curian, sejumlah uang, dan satu sepeda motor hasil curian. Polisi juga mengamankan satu senpi yang digunakan Oki dan Agus saat beraksi.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif