Jembatan rangka baja di kawasan Desa Sawang Teubee, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terputus, Kamis, 31 Oktober 2019. Antara/Syifa Yulinnas
Jembatan rangka baja di kawasan Desa Sawang Teubee, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terputus, Kamis, 31 Oktober 2019. Antara/Syifa Yulinnas

Penyebab Robohnya Jembatan Rangka Baja Diselisik

Nasional jembatan rubuh
Antara • 02 November 2019 11:51
Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, masih menyelidiki penyebab ambruknya jembatan rangka baja di kawasan Desa Sawang Teubee yang menghubungkan antara Kecamatan Pante Ceureumen-Kaway XVI, kabupaten setempat pada Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Jembatan ambruk setelah diterjang banjir akibat meluapnya daerah aliran sungai (DAS) di daerah tersebut. Sungai meluap lantaran guyuran hujan yang melanda sebagian besar wilayah Aceh sejak satu bulan terakhir.
 
"Saya sudah perintahkan tim teknis untuk memastikan penyebab ambruknya jembatan rangka baja ini," kata Bupati Aceh Barat, H Ramli MS di Meulaboh, Sabtu, 2 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ramli menjelaskan penyelidikan secara teknis sangat dibutuhkan karena hasil tersebut nantinya dapat menjadi dasar hukum pemerintah daerah menentukan pembangunan jembatan dilanjut pada lokasi semula atau harus dipindahkan.
 
Menurut Ramli pemeriksaan secara teknis juga dimaksudkan agar masyarakat menjadi tahu penyebab pasti ambruknya jembatan.
 
"Nanti kalau memang karena unsur bencana alam, kita akan melihat rekomendasi tim teknis. Begitu juga apabila, misalnya, diduga akibat unsur kesengajaan, maka hal ini akan menjadi wewenang aparat kepolisian untuk menyelidikinya," jelas Ramli.
 
Menurut Ramli dengan ambruknya jembatan tersebut maka pemerintah daerah harus mengucurkan anggaran yang lebih besar untuk membangun jembatan.
 
Bila selama ini anggaran yang dibutuhkan untuk membangun jembatan yang pernah rusak sekitar Rp20 miliar, maka dana yang diperlukan untuk membangun satu unit jembatan baru dibutuhkan anggaran mencapai Rp40 miliar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif