Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Pengembalian Aset ABU Tours Masih Panjang

Nasional Abu Tours Travel Penipuan Haji dan Umrah
Muhammad Syawaluddin • 04 Desember 2019 16:27
Makassar: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan belum bisa memastikan waktu pengembalian aset Amanah Bersama Ummat (ABU) Tours and Travel. Kejaksaan masih memproses untuk diserahkan ke kurator.
 
"Kita masih, menunggu tapi mekanismenya berjalan," kata Kasi Penkum Kejati Sulsel, Andi Usama, di Kejati Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Pihaknya masih berkoordinasi dengan kurator sebagai penanggung jawab pembagian aset ABU Tours and Travel. Sementara untuk eksekusi masih menunggu proses administrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Kurator pembagian aset ABU Tours, Tasman Gultom, mengatakan proses pengembalian aset ke jemaah belum jelas. Proses pengembalian diyakini bakal memakan waktu.
 
"Belum, masih panjang," kata Tasman.
 
Sebelumnya, Salah satu Kurator, Susy Tan, mengaku belum mengetahui kapan waktu pengembalian aset. Lagipula tidak ada ketentuan yang mengatur lama waktu serah terima pengembalian setelah putusan inkrah.
 
"Jaksa masih berkoordinasi dengan pihak terkait, mengingat aset berada di sejumlah kota," terangnya.
 
Pihaknya mencatat utang ABU Tours yang harus dibayarkan kepada seluruh kreditur Rp1,6 triliun. Sementara aset ABU Tours yang disita hanya Rp250 miliar.
 
"Iya dari sumbernya saat ini cuman dari itu saja (aset)," jelasnya.
 
Aset ABU Tours and Travel yang disita diperkirakan senilai Rp250 miliar. Angka itu masih bisa berubah, karena hasil sitaan berupa benda bergerak dan tidak bergerak, sehingga akan dilakukan lelang.
 
Sedangkan jumlah pasti korban dan kreditur yang mendapatkan aset ABU Tours and Travel belum pasti. Kejaksaan dan kurator masih belum menerangkan pihak yang berhak mendapatkan pengembalian aset.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif