Petugas mengevakuasi bus yang menabrak rumah di Jalan Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Polres Ciamis)
Petugas mengevakuasi bus yang menabrak rumah di Jalan Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Polres Ciamis)

Puluhan Peziarah Masih Dirawat usai Kecelakaan Bus di Ciamis

Media Indonesia.com • 22 Mei 2022 12:20
Ciamis: Bus pariwisata Pandawa nomor polisi DK 7307 WA yang membawa rombongan peziarah Majelis Taklim Tarbiatul Muftabi'in mengalami kecelakaan di Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu, 21 Mei 2022, sekitar pukul 17.30 WIB. Dalam kejadian tersebut, empat orang meninggal dunia.
 
Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Ciamis, Ivan Saeful Arif, mengatakan, dari hasil pendatan petugas Kepolisian dan TNI, 4 orang meninggal dunia bernama Sri Mulyani, 45, warga Balaraja, Tanggerang, Banten; Enok, 65 dan Faisal alias Feri  37, warga Payungsari, Kecamatan Panumbangan; dan Omah, 61, warga Pageurageung, Tasikmalaya.
 
"Untuk korban meninggal dunia semuanya telah dibawa keluarganya termasuk diantar ke Tangerang, menggunakan ambulans. Para korban keseluruhan tercatat 47 orang di antaranya 43 orang mengalami luka-luka di bagian kepala, kaki, terkena serpihan kaca dan 4 orang meninggal dunia telah langsung dimakamkan oleh keluarganya," terang dia, Minggu, 22 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, rombongan peziarah yang sempat masuk dan mendapat perawatan di Puskesmas Payungsari, Panumbangan ada 18 orang, Puskesmas Panjalu ada 22 orang dan RSUD Ciamis 3 orang. Namun, untuk korban meninggal masing-masing 3 orang pengguna jalan dan seorang penumpang bus (peziarah) keempatnya meninggal di lokasi, perjalanan dan dirujuk menuju ke rumah sakit.
 
Baca juga: Polda Banten Pastikan Satu Korban Tewas Kecelakaan Bus di Ciamis Warga Tangerang
 
"Dua korban meninggal dunia warga Dusun Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan (pengguna jalank dan satu orang warga Pageurageung (pengguna jalan). Namun, kernet bus mengalami luka ringan tetapi sopir bus luka parah (kritis) tetapi yang luka sedang dan berat langsung dirujuk ke RSUD Ciamis, RSUD dr Soekarjo dan RS Jasa Kartini," ujarnya.
 
Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan, bus Pariwisata Pandawa membawa rombongan peziarah Majelis Talim Tarbiatul Muftabi'in melakukan perjalanan dua hari mulai dari Tangerang langsung ke Cirebon berikut ke Situ Lengkong Panjalu, terus ke Pamijahan, Kabupaten Tasikmalaya. Namun, melalui Jalan Panumbangan menuju arah pulang bus tidak bisa dikendalikan dan langsung menabrak kendaraan dan berhenti setelah masuk rumah warga.
 
"Pengemudi bus Pariwisata hilang kendali saat melalui jalan menurun dan menabrak 3 mobil masing-masing 1 unit di bengkel, 1 unit bak terbuka, 1 mobil jeep di jalan dan tiga sepeda motor di ruas jalan hingga dua orang meninggal dunia. Akan tetapi, untuk sekarang masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terutama penyebab utama dalam peristiwa tersebut," paparnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif