Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bersama Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman memantau vaksinasi di daerah terpencil
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bersama Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman memantau vaksinasi di daerah terpencil

Pemkab Landak dan Lantamal XII Gelar Vaksinasi Massal di Daerah Terpencil

Nasional vaksin covid-19 vaksin covid-19
Al Abrar • 13 Januari 2022 19:31
Landak: Pemerintah Kabupaten Landak bersama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII menggelar vaksinasi di daerah terpencil di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Sebanyak 276 orang di dua desa di Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak menerima vaksin covid-19.
 
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengatakan, program vaksinasi covid-19 dilakukan berdasarkan aturan Pemerintah yang menargetkan setiap daerah mencapai 70 persen vaksinasi pertama. Selanjutnya, vaksinasi kedua dan ketiga (booster) bisa dilakukan setelah mencapai target tersebut.
 
“Kami bersama Lantamal XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyisir masyarakat yang ada di pedalaman agar dapat memperoleh vaksinasi covid-19 dosis pertama,” kata Karolin, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 13 Januari 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karolin menegaskan, vaksinasi dilakukan dalam rangka usaha pemerintah untuk mengurangi covid-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak. Menurut Karolin dampak covid-19 menyebabkan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa bersekolah, serta covid-19 berdampak pada situasi ekonomi.
 
"Oleh karena itu saya harapkan masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah agar kita bisa kerja, bisa kembali bersekolah seperti biasa,” jelas Karolin.
 
Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai kabupaten terbaik untuk tes, lacak, dan isolasi tingkat kabupaten/kota dalam pencegahan dan penanganan covid-19.
 
"Kita bersyukur karena usaha kita dalam melakukan pencegahan dan penanganan covid-19 di Landak membuahkan hasil dengan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan," kata Karolin.
 
Pemkab Landak dan Lantamal XII Gelar Vaksinasi Massal di Daerah Terpencil
 
Dia mengatakan, penghargaan tersebut diraih berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak. Untuk itu, dirinya menyampaikan terimakasih kepada semua tenaga kesehatan yang ada di Landak, termasuk pihak TNI/Polri dan pemerintah kecamatan dan desa yang sudah membantu proses tes, lacak dan isolasi bagi masyarakat selama pandemi covid-19.
 
"Kami menjadikan tes, lacak dan isolasi dalam pencegahan dan penanganan covid-19 ini sebagai prioritas utama selama masa pandemi agar masyarakat tidak banyak yang terpapar covid-19. Bahkan, sampai sekarang saya meminta Dinas Kesehatan Landak dan jajaran di tingkat Puskesmas dan Pustu beserta pihak terkait lainnya untuk melaksanakan penelusuran dan tes covid-19 dalam menyikapi setiap perubahan zonasi risiko di Kabupaten Landak," tuturnya.
 
Selama pandemi, lanjutnya, seluruh puskesmas di kecamatan diwajibkan melaksanakan testing dan tracing dengan menggunakan Rapid Diagnostic Test (RDT) maupun PCR.
 
Selain itu,  dalam kunjungan tersebut juga diresmikan Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak dan menyerahkan bantuan Listrik tenaga surya dari Komandan Lantamal XII Pontianak kepada masyarakat.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif