Sebuah lahan di Depok kebakaran. Foto: Medcom.id/Octavianus
Sebuah lahan di Depok kebakaran. Foto: Medcom.id/Octavianus

Dalam Sehari, 3 Insiden Kebakaran Terjadi di Depok

Nasional kebakaran lahan
Octavianus Dwi Sutrisno • 22 Oktober 2019 01:06
Depok: Dalam satu hari, tiga insiden kebakaran lahan kosong terjadi di Depok, Jawa Barat. Kebakaran disebabkan timbunan sampah yang dibakar warga.
 
Data Dinas Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Depok, lahan kosong yang terbakar ada di jalan Cilobak III Pangkalan jati Cinere, Gang Kober Jalan Margonda Raya, dan Jalan Tambarehe Kalibaru Cilodong.
 
"Untuk di wilayah Cinere kejadian kebakaran lahan, terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan, di Gang Kober sekitar pukul 18.47 WIB. Kemudian di Kalibaru Cilodong sekitar pukul 17.35 WIB," kata Perwira pelaksana DPPK Kota Depok Merdi Setiawa kepada Medcom.id, Senin, 21 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua lahan yang terbakar, yakni di Gang Kober dan Kali Baru Cilodong, merupakan area kawasan yang dipenuhi pepohonan bambu. Petugas sempat kesulitan mendatangi lokasi kejadian, melihat akses jalanan yang kurang bagus.
 
"Lahan bambu di lokasi Gang Kober Margonda yang terbakar berada di lokasi yang terjal berdekatan dengan sungai Ciliwung, sedangkan di Kali Baru Cilodong yang terbakar adalah lahan bambu dan pemakaman akses jalan ke lokasi juga cukup sempit sehingga butuh waktu untuk masuk ke titik kebakaran," bebernya.
 
Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Petugas juga berhasil melakukan pemadaman. Situasi, kembali kondusif.
 
Merdi menjelaskan, berdasarkan identifikasi secara keseluruhan kebakaran lahan kosong itu disebabkan oleh warga yang membakar sampah. "Material sampah dan daun kering yang dibakar akan mudah menjalar, karena dampak dari musim kemarau tanah pun menjadi kering," terangnya.
 
Ia mengimbau warga tidak membakar sampah, terutama di area terbuka seperti lahan kosong, rumah tak berpenghuni atau area berbahaya lainnya.Suhu udara ketika musim kemarau, akan lebih tinggi dibandingkan saat musim penghujan. Otomatis, banyak material yang mudah memicu kebakaran.
 
"Jadi imbauannya jelas, jangan membakar sampah di area terbuka atau membuang puntung rokok sembarangan," pungkasnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif