Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Aprillio Akbar)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Aprillio Akbar)

Kabupaten Brebes Siapkan Lokasi Kawasan Industri

Nasional kawasan industri
Kuntoro Tayubi • 19 November 2019 13:26
Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendorong legislator segera mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Hal ini agar cita-cita Brebes menjadi kawasan industri bisa terealisasi pada 2020.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ratim Rantoko, menjelaskan, kawasan industri disiapkan di wilayah utara Brebes.
 
“Pemkab Brebes menyiapkan lahan seluas 5.900 hektare untuk kawasan industri. Luas lahan itu tertuang dalam Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang saat ini sedang digodok oleh legislatif,” katanya, Selasa, 19 Nopember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ratim realisasi kawasan industri tak hanya menciptakan ribuan lapangan pekerjaan baru, namun juga mampu meningkatkan perekonomian daerah. Tipe industri yang akan masuk ke Brebes akan dipilah sesuai dengan klaster kebutuhan.
 
Pemkab Brebes, kata Ratim, hanya akan memastikan tiga hal, di antaranya industri yang ramah lingkungan, mampu menyerap tenaga kerja lokal, dan produk berorientasi ekspor.
 
Selain itu, Pemkab Brebes juga tengah menyiapkan lahan dalam jumlah besar untuk menampung kebutuhan investor di luar kawasan industri. Sehingga diharapkan sentra-sentra bisnis selain industri bisa tumbuh di titik-titik lain.
 
“Jadi investor tidak hanya bisa masuk ke kawasan industri, tetapi juga di lahan-lahan lain di luar itu," jelasnya.
 
Saat ini, industri besar yang sudah beroperasi di Brebes ialah sektor garmen, alas kaki, dan komponen otomotif. Rata-rata produksinya sudah berorientasi ekspor.
 
Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Brebes 2019-2039 sebelumnya telah resmi diserahkan Bupati Brebes Idza Priyanti ke DPRD pada rapat raripurna, Senin, 11 November 2019.
 
Idza mengatakan manfaat RTRW memberikan kepastian perizinan, investasi dunia usaha, pelestarian lingkungan hidup dan kearifan lokal.
 
"Apalagi, Brebes merupakan daerah pengembangan investasi yang tentu saja akan memberikan manfaat bagi kemajuan daerah," ucap Idza.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Brebes, M Taufik, menyatakan, akan menggelar rapat paripurna tentang pengambilan keputusan atas Raperda RTRW pekan depan. Secara garis besar, legislator menyetujui dan menerima usulan Pemkab Brebes.
 
"Sudah kita bahas dan proses Raperda RTRW yang sudah diserahkan eksekutif. Insyaallah 2019 ini rampung dan ditetapkan menjadi perda," ucap Taufik.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif